Ijtihad tidak ada urusannya dengan tinggi atau rendahnya ilmu.
  ==> Kalimat yang aneh. Beginilah model orang kalau hanya menuntut hak tapi
melalaikan kewajiban. Yang penting kewajiban di lakukan dulu, menuntut ilmu.
Kalau emang dah banyak ilmu, ijtihadlah. Jangan cuma menuntut hak saja. Tapi
ana maklum, ini bisa dilihat trend sekarang ini. Banyak kaidah-kaidah agama
yang sudah rusak. Nggak heran lah, yang berijithad orang-orang kayak gini.
Nggak mau mengukur kemampuan diri, bisanya cuma menuntut hak.

Ary Setijadi Prihatmanto <[EMAIL PROTECTED]> menulis:  ;-)

mas Bejo,

Pertanyaan Anda itu salah...

Bagaimana bisa bilang ilmu yang satu lebih tinggi dari yang lain?
Semakin tinggi ilmu, biasanya malah semakin merunduk.
Alih-alih meproklamirkan diri, malah merasa tidak tahu apa-apa...
Yang kerjanya berkoar-koar, memproklamirkan diri, menyesat-nyesatkan orang
lain,
itu biasanya malah yang nggak berilmu.

Ijtihad tidak ada urusannya dengan tinggi atau rendahnya ilmu.
Ijtihad itu inheren dalam beragama, hukumnya wajib secara individu untuk
berfikir dan menimbang-nimbang.
Ijtihad berakar dari urusan tanggung jawab kita diberi hidup oleh Yang
Khaliq.
Yang mengharuskan kalo ijtihad itu harus begini atau begitu itu siapa?

Apa imam Syafii mau tanggung jawab kalo kita sekedar mengikuti kata beliau?
Apa imam Bukhari mau tanggung jawab kalo kita sekedar taqlid thd pendapat
beliau?

Soal kelas mana, sebetulnya bukan urusan kita.
Yang penting masing-masing kita berniat baik dalam berbuat dan berprasangka
baik terhadap sesama.
Silahkan berpendapat sebebas-bebasnya, dan percayai apa yang masing-masing
ingin percayai.
Tidak perlu takut selama kita jujur dengan hati nurani kita masing2

Imam Syafii juga tidak pernah berangan-angan atau berambisi dianggap imam
kelas dunia.
Beliau tidak lebih sedang berpendapat menurut apa yang beliau anggap benar.
Tidak lebih dan tidak kurang.
Dan hal itulah yang diminta dari masing-masing kita, tidak lebih dan tidak
kurang.

Kalau kita masih bicara kelas-kelasan, berarti kita itu masih berfikir
jahiliyah.

Salam
Ary