Oleh karena itu harus jelas sistem hukum dalam suatu masyarakat.
Hukum harus jelas batasan2 dan aturan mainnya.  Hukum itu aturan main.
 Bayangkan kalau suatu pertandingan sepak bola setiap pemain boleh
menafsirkan suatu peraturan menurut pemahamannya masing2.  Ya bukan
pertandingan sepak bola lagi melainkan tawuran.

Ciri khas masyarakat tawuran yg karena tidak ada sistem hukum yg tegas.

Itulah problematika sistem teokrasi.  Hukum Tuhan tergantung hanya
pada pemahan ulama dan setiap ulama belum tentu sama metodologi,
kemampuan dan kualitas pemahaman dan judgementnya.  Menurut satu ulama
membunuh perempuan yg tidak berjilbab adalah halal sedangkan menurut
yang lain haram. Nah kemudian tergantung penilaian masing2 pengikutnya
dalam menerapkan keyakinannya dan karena tidak ada forum arbitrase
maka masing2 boleh angkat senjata membela pendapatnya.

Runyam kan?

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "ma_suryawan"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mbak Lestari,
>
> Yang terpenting adalah, jika ada perempuan Muslim baik-baik yang
> tidak memakai jilbab (tidak memelihara auratnya), kemudian ia dihukum
> bunuh atau dihukum badan - maka hukuman seperti itu bukanlah ajaran
> Hz. Sayyidina Muhammad s.a.w., namun hukuman itu adalah buatan dan
> ajaran para kyai/mullah/ulama yg mengklaim ingin menegakkan Syari'at
> Islam.
>
> Perempuan berjilbab atau tidak berjilbab tidak bisa dihukum oleh
> orang lain atau para "pemerhati/penyelenggara/komite penegakan
> [...]

Kirim email ke