Beda antara sensor materi dan regulasi distribusi.

Media cetak perlu regulasi utk distribusi terutama yg pornografis.
Media film yg diputar di bioskop perlu sensor bukan utk digunting kaya
dulu tetapi utk dikategorikan supaya jelas usia dan kesiapan mental
penontonnya.  Ini termasuk regulasi distribusi.

Sensor di jaman ORBA dan dinegara2 syariat itu adalah sensor materi
bukan regulasi distribusi.  Nah sensor ini yg melanggar HAM.  Setiap
orang berhak mengekspresikan pendapat/hasil karyanya walaupun tidak
semua orang wajib atau diizinkan mendengar pendapat/hasil karyanya
(terutama di bawah umur).
Hak utk membuat film atau tulisan pornografis adalah HAM setiap orang
tetapi regulasi mendistribusikan demi menjaga moral adalah kewajiban
masyarakat dan pemerintah. Di sini keseimbangannya makanya UU APP itu
enggak bisa tembus karena melanggar HAM.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Ari Condrowahono