Seseorang itu berstatus budak dan tidaknya bisa dilihat apakah haknya
sama dan setara dg manusia bebas lainnya.  Kalau tidak berarti memang
mereka adalah budak.  Perbudakan bisa sukarela bisa paksaan, tetapi
faktanya ialah hak seorang budak tidak sama dan setara dg manusia bebas.

Ini persoalan yg harus dibahas bukan soal istilah bahasanya.  Yg
penting bukan hubungan manusia dg Allah tetapi hubungan manusia dg
manusia lainnya.

Kalau ada ketidak setaraan dalam hak maka artinya ada pelanggaran HAM.
Dan ini harus dikoreksi secara hukum.

Pernah dibahas bahwa jam kerja dan gaji pembantu harus mematuhi UU
Ketenagakerjaan.  Tentu akan sukar diterima oleh masyarakat, tetapi
memang suatu fakta bahwa pembantu adalah budak setengah sukarela.
Kondisi dan gaji mereka sangat dibawah standar kelayakan manusia di
banyak keluarga.  Kedepannya issue ini harus dituntaskan.

Konsep anti-perbudakan adalah konsep Islam.  Barat telah banyak
melakukan kesalahan dg jual beli budak sampai abad ke 19 pun masih ada.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "H. M. Nur Abdurrahman"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> "L.Meilany" wrote:
> Kalo hamba itu lain dengan budak meskipun posisinya sama. Hamba:
orang yg
> merasa rendah/merendahkan diri.Kalimat2 di novel2 kesusasteraan melayu.
> Sebagai kata ganti; saya
> HMNA:
> Hamba sinonim dengan sahaya. Bahkan tidak jarang dijadikan kata majemuk
> untuk menyatakan plural, hamba-sahaya. Hamba dan sahaya menjadi kata
ganti
> orang pertama tunggal, kata hamba tidak berubah, namun kata sahaya
> [...]

Kirim email ke