Jadi perintah dharaba kepada anak kita yang sudah berumur 10 tahun tidak
shalat juga seperti ini: "'leave him/her alone'" Tambah tidak shalatlah dia.
Yang jadi masalah sekarang, semua yang keras itu dianggap tidak baik. Tidak
semua yang keras itu tidak baik, tidak semua yang lembut itu baik. Banyak
yang kritik Perda Syari'ah di Bulukumba ttg hukuman cambuk bagi peminum, itu
tidak baik itu keras. Apa hasilnya? Lihatlah di lapangan. Pergilah lihat
desa Padang desa percontohan Syari'ah di Kabupaten Bulukumba, di mana
hukuman cambuk itu diterapkan bagi para pemabuk. Semua senang, masyarakat
senang. Larangan menjual minuman keras, hanya di Bulukumba. Pemuda brandalan
bisa pergi ke Makassar beli miras, dia bawa sembunyi-sembunyi ke tempat
pemukimannya di Bulukmba, pesta miras secara diam-diam, lalu kalau sudah
mabuk keluar mengganggu utamanya gadis-gadis. Degan hukuman cambuk, mereka
mati kutulah. Tidak ada lagi pemuda brandalan mabuk-mabukan mengganggu
gadis-gadis.

Oh, ya, hampir lupa, itu para sekularis di Indonesia ini kok tidak ribut
mengkritik(*) itu hukaman cambuk di Singapura bagi pemabuk. Kalau yang
dilaksanakan menurut Syari'ah para sekularis berkoar angkat bicara, itu
tidak baik itu keras, tetapi para sekularis di Indonesia ini tidak berkoar
mengkritik itu Singapura.
Wassalam,
HMNA
Dalam EYD kata yang diadopsi dari kata asing, hukum sengau tidak
menghilangkan t, k, seperti  => mentakdirkan, menterjemahkan, mengkritik,
mentolerer, bukan menakdirkan, menerjemahkan, mengeritik, menolerer dll.