Sekedar berbagi,
kalau di sini semua produk makanan dan minuman harus mencantumkan
kandungan bahannya. sehingga konsumen bisa baca dan menilai sendiri,
ooh makanan ini mengandung babi, minuman ini mengandung alkohol,
sehingga orang muslim bisa menghindarinya. demikian juga buat orang2
lain yang vegetarian juga bisa melihat kandungan makanan, jadi dia
bisa menghindari makanan yang mengandung daging. buat orang yang diet
bisa menghitung jumlah kalori makanan. manfaat pencantuman kandungan
makanan/minuman ini banyak & beragam, serta mencerdaskan konsumen.

Selain itu ada yang namanya "yayasan penguji" yang bekerja secara
independen tidak dibayar pemerintah atau produsen. Tugas mereka
menguji keamanan dan kualitas produk2, tidak sekedar makanan sih, dan
secara periodik (biasanya tiap tahun/semester) mereka mengeluarkan
jurnal yang berisi penilaian mereka terhadap produk2 yang dikeluarkan
produsen. Ada yang dinilai baik, cukup, sedang, buruk. Penilaian
mereka independen karena mereka yang aktif menilai, bukan dimintai
oleh pihak produsen dan mereka juga gak minta bayaran dari produsen,
sehingga lebih objektif. Produsen yang bangga terus memakai label yang
diberikan oleh yayasan penguji tadi, sehingga bisa jadi iklan juga
buat produk tadi. Kalau produknya gak ada label baik, mungkin jadi
pertimbangan buat konsumen juga. Terus konsumen juga bisa menilai
produk mana yang bagus & aman, mana yang kurang bagus.

wikan
http://wikan.multiply.com

On 6/28/07, Achmad Chodjim <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mas Jano ko,
>  Percuma saja ya saya mengutipkan hadis yang menyebutkan bahwa ulama itu
> kepercayaan Rasul selama tidak terlibat dalam kekuasaan dan kesenangan
> duniawi. Baca lagi, Mas.
>
>  Makanya, peran ulama itu mendidik agar umat tahu halal dan haram dengan
> benar. Umat yang benar tinggal baca bahan-bahan yang tercantum dalam kemasan.
> Dan, itu kerjaan ulil amri! Bila dalam bahannya terulis mengandung babi, ya
> yang Islam tak perlu mengkonsumsinya. Kan begicuuuu....
>
>  Kalau ulama sudah terlibat kekuasaan dengan memberi label "halal" bagi
> [...]

Kirim email ke