Bahasa inggrisnya: "possessed"

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Sunny" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Refleksi: Netters, apa istilah kesurupan dalam  bahasa Inggris?
>
> http://web.bisnis.com/konsultasi/4id125.html
>
> Konsultasi - Detail
>
> Yul Iskandar
> Psikiater
>
> Kesurupan
>
> Tanya:
>
> Dr.Yul Iskandar yth.
>
> Pada saat ini saya sering mendengar anak-anak SMP dan SMA
kesurupan. Di tempat kerja saya juga sering terjadi pegawai
kesurupan. Apakah ini fhenomena supranatural atau dapat diterangkan
secara kedokteran / psikiatri.

> Tedy, Cikarang.
>

> Jawaban
> Sdr Tedy Yth.
>
> Sebagai seorang dokter tentunya saya menganggap bahwa gangguan
kesurupan adalah suatu gangguan medik/psikiatrik. Pada waktu saya
menjadi konsultan psikiatrik di suatu pabrik, sering terjadi fenomena
kesurupan.

> Biasanya dipanggil orang pintar/paranormal. Mereka biasanya meminta
macam-macam, misalnya, ayam jago yang warnanya putih, dan kain putih.
Memang biasanya mereka dengan berbagai cara/doa bisa berhasil
mengatasi orang yang kesurupan tersebut.

> Masalahnya karena perusahaan itu perusahaan multinasional,
pembelian seperti itu dipertanyakan oleh kantor pusat. Direkturnya
menanyakan kepada saya apakah secara psikiatrik bisa mengatasi
kesurupan.

> Tentunya saya jawab ya, fenomena kesurupan adalah bagian dari
gangguan psikiatrik. Dan pada waktu terjadi kesurupan, pasien saya
kirim ke rumah sakit (psychiatric hospital), dan pasien ditidurkan
dalam waktu dua hari. Setelah dua hari dia bangun dan telah normal
kembali, lalu pasien kita pulangkan.

> Tapi sejak itu di pabrik itu jarang ada lagi fenomena kesurupan,
karena mereka takut akan dimasukkan ke psychiatric hospital.