Kakak dan adik saya guru SMA dan mereka sering menghadapi anak
didiknya mendadak kesurupan di sekolah. Ini cerita mereka kalau
menghadapi murid kesurupan. Umumnya kesurupan dipicu oleh salah
seorang murid perempuan dan entah bagaimana kesurupan ini bisa
menular keseluruh kelas atau bahkan ke seluruh sekolah. Anehnya yang
terjangkiti umumnya murid perempuan, jarang anak laki-laki ikut-
ikutan. Cara menghentikannya, kakak saya punya cara sendiri,
yaitu "meliburkan" cukup lama anak perempuan yang jadi pemicu
kesurupan, selidiki latar belakang dia dan ortunya. Ditambah sedikit
menakuti-nakuti kalau terus kesurupan akan tidak naik kelas atau
dikeluarkan dari sekolah.

Sedangkan "jurus" adik saya, perempuan, lain lagi, cukup
dengan "meremas" bagian "vitalnya" (tentu oleh guru perempuan).
Katanya dijamin akan kaget (Sunda: "ngagurubug") dan tersadar
kembali. Tindakan ini harus cepat dilakukan kepada yang awal
kesurupan, sebab jiga terlambat, yang lain akan ikut-ikutan
kesurupan.

Salam,
WALUYA

 In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Muhkito Afiff" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Bahasa inggrisnya: "possessed"

> kesurupan. Di tempat kerja saya juga sering terjadi pegawai
> kesurupan. Apakah ini fhenomena supranatural atau dapat
diterangkan