Widya Çastrena Dharmasiddha !

At 20:18 04-05-2002 +0700, "Syafril Hermansyah" wrote:

> [...]

Hari Sabtu tanggal 4 Mei 2002, dari ~17:15 s/d ~18:15, saya ketamuan
Kasmenwa Mahawijaya dan Dan Satgas Dialog tersebut. Pertemuan ini memang
telah disepakati pada hari sebelumnya. Saya mendapatkan beberapa masukan
yang benar-benar baru bagi saya. Mungkin rekan-rekan Mahawarman bisa
membantu penjernihan dan kejernihannya :

o Berdasarkan pertemuan para Kasmenwa se-Indonesia  di bali pada tahun 2002,
telah disepakati -berdasarkan SKB terakhir- bahwa setiap perguruan tinggi
bebas menentukan bentuk kegiatan bela negara beserta dengan atributnya.
Artinya lembaga Resimen Mahasiswa hanya berada pada taraf resimen.

o Bahwa Ditjen Potensi Pertahanan telah mengirimkan STR (surat telegram)
pada semua resimen, mengenai perintah penghapusan ketentuan bahwa jabatan
danmen dijabat oleh pamen TNI aktif. Selanjutnya jabatan ini dipegang oleh
wira aktif, yang diterjemahkan oleh Resimen Mahajayakarta dengan menaikkan
kasmen saat ini menjadi danmen.

o Bahwa Resimen Sultan Thaha Bengkulu -serta kemungkinan Resimen
Mahadwiyudha Lampung- menolak struktur demikian dan masih berpegang pada
ketentuan sebelumnya.

o Bahwa Wadanmen Mahawijaya berkesan 'cuci tangan' dengan mendemisionerkan
dirinya sendiri, padahal belum ada juklak dan juknis mengenai itu.

Itu simpulan yang saya dapatkan, karena kedua wira yang datang tersebut
belum mendapatkan berkas yang bisa menjelaskan keterangan mereka.

>Exposure dululah, kalau sdh dikenal dan terlihat eksis, maka soal dana
>bisa menyusul kemudian (mudah-2x an <grin>).

Saya pribadi lebih suka jika jabatan danmen dipegang oleh wira, namun
masalah duit serta kelanjutan pembinaan musti jelas. TNI dan Pemerintah
jangan pura-pura pilon mengenai ini.

>Berapa orang anggota aktif Mahawijaya saat ini ?

Paling juga 100. Akan saya mintakan kejelasan mengenai hal ini.

>Dari saya cuma satu : hati-2x, jangan terseret politik praktis.

Misalnya yang 'bau'nya seperti apa ?

Sharif Dayan
90 67 060 1560