----- Original Message -----
From: "Rifki Muhida" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Friday, May 24, 2002 1:10 PM
Subject: [yonsatu] Re: Refleksi 21 Maret (Re: tahun tahun penuh warna)
> Herman Wijaya (Angkatan 29, Danyon 1998-1999), memang
> layak kita berikan applause, untuk langkah "berani"
> itu dan keberhasilan membawa batalyon I/ITB melewati
> kondisi kritis di tahun 1998, dan itu menurut saya
> menandai awal baru batalyon I/ITB dengan cara pandang
> baru, yang lebih mandiri.
... dst. ... dst. ...
> Saya mengenal Herman Wijaya, sebagai kader saya yang
> sangat kritis, kekritisannya itu terkadang membuat saya
> takut ketika melibatkan dia dalam berdialog dengan
> rektorat, pejabat ABRI atapun pejabat pemerintah,
> walau demikian saya tahu bahwa dia adalah salah
> seorang kader yang bagus, yang memiliki dedikasi dan
> kemampuan untuk memimpin Batalyon I/ITB.

Salut untuk Rifki yang "menangkap" apa yang sebetulnya tersurat dalam
posting refleksi saya, yaitu bahwa kredit terbesar bagi tepatnya positioning
Yon-I pada episode gerakan reformasi 1998 harus diberikan pada Herman Wijaya
sebagai Danyonnya pada era itu.

Kalau ada teman-teman yang lain yang barangkali salah-tangkap bahwa posting
itu suatu refleksi keperanan saya pribadi, seperti Indradjaja yang lalu
memuji saya, mungkin kesan itu muncul karena saya kurang mampu menonjolkan
apa yang sebetulnya ingin saya tonjolkan di cerita itu:
1. Leadership yang visioner dari Herman Wijaya di dalam situasi yang
dilematis.
2. Prognosa yang bernuansa "nubuat" dari dosen pembina yang meramalkan
pecahnya kerusuhan Mei 1998.

Karena itulah di posting itu saya katakan bahwa saya ingin tahu:
1. Cerita Herman Wijaya sendiri tentang situasi Yon-I ketika itu.
2. Penjelasan DR. Iftikar tentang siapa dosen pembina itu.

Mudah-mudahan kita bisa membacanya di milis ini dalam waktu dekat (tapi
nggak usah lalu dimasukin ke website "Mahawarman" ya Syafril, he he he.  Oh
ya, itu website seluruh Mahawarman Jabar ataukah hanya Mahawarman Yon-I?).

Wasalam.