Rekans,

Saya jadi teringat waktu pertama kali emblim ini diperkenalkan tahun 1965
untuk menggantikan emblim masing-masing batalyon, ceritanya sebagai
pemersatu dari seluruh Menwa di Bandung, bukan Jawa Barat,  pada waktu itu
(kalo engga salah baru ada 4 batalyon).
Tanggapan kontrofersilpun sudah muncul waktu itu, kok kaya gitu sih .....
dst. (dengan segala hormat kepada perancangnya Bang Doli). Istilah Ekek itu
waktu jaman saya, Angkatan III- tahun 1965, belum muncul bahkan sampai saya
lulus, kayanya baru belakangan dikasih nama seperti itu. Dulu anak-anak
bilangnya 'bakakak' (ayam panggang - bahasa Sunda).
Cara penolakan menggunakan emblim ini di Yon I waktu itu, sebagian dengan
cara masih memakai emblim Ganesya di baret birunya. Ini kelihatan di
beberapa foto lama saya.
Kalo baru sekarang dipertanyakan lagi kok 'kurang garang', kayanya terlambat
banget. Tapi sebenernya syah-syah saja kalo mau ganti, seperti juga
dilakukan oleh banyak institusi lainnya.
Mudah-mudahan kalo ganti emblim, bisa membuat revitalisasi semangat,
kira-kira sejenis M-150 gitu.

Tutun.

On Fri, 24 May 2002 10:37:18 +0700 "Indradjaja Dalel"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Terima kasih fasilitasnya. Melihat gambar "logo Ekek" yang di-post-kan
> susah ditahan keinginan saya untuk tidak beri komentar. Ekek-nya
> botak, lagi tiduran merem2 melek keenakan (dengan angin sepoy2 basah).
> Mulut (paruh) lagi senyum menawan,  pegang pena (bulu) dan bedil
> (campuran Garand dengan AK?).

Hwaduh... segala yg jelek kok munculnya saat ini :-)

> Logo sebaiknya  melambangkan visi, paradigma Yon-1 (Menwa) dengan
> segala kelebihannya yang ingin ditonjolkan. Saya lupa apakah ini
> sesuai dengan design pertamanya bung Doly Pangabean Alm. Ekek kalau
> tidak salah artinya "burung kakak tua" semacam nama sindiran lambang
> Mahawarman waktu itu yang sebenarnya dimaksud adalah burung Garuda
> (Elang) yang "Gagah Perkasa". Jaman dulu saya suka dipanggil (sinis)
> "tentara cap burung"
>
> Saya kira logo ini perlu digarangkan tampangnya supaya jadi gagah. Ayo
> Gang, bangun!!!

Saya sebenarnya lbh senang jika tampang burungnya mirip logonya US
Airbone, gagah dan terlihat tegas (dulu nempel di Jaket saya, dan Pak
Aden Ottolua waktu melihat pernah juga komentar "mestinya kayak gitutuh
lambangnya Mahawarman").

=====
Syafril Hermansyah<[EMAIL PROTECTED]>