On Tue, 15 Jul 2003 02:46:59 -0700 (PDT) mifta priyanto (MP) wrote:

> Menjawab pak Syafril, memang dana bukan satu-satunya. Yang saya lihat
> terutama adalah: motivasi, semangat juang, pengorbanan. Sebenarnya
> bisa juga dengan dana minim tapi punya kualifikasi seperti itu, roda
> organisasi bisa jalan. Tapi.......kondisi tersebut sangat idealis.
> Dana tetap diperlukan seperti layaknya 2 sisi mata pisau.

Kalau motivasi, semangat juang tidak ada (ngak perlulah pengorbanan),
lalu dananya mau dipakai untuk apa ya ?

Kenapa tidak dibalik ? Beraktivitas sajalah dulu, berjuanglah dulu,
kalau aktivitasnya memang bagus masak sih dana tdk datang.
Dulu kami latihan Para Rescue, Diving, DamKar juga entah dananya
darimana (Komandan yg tahu, IIRC ada senior yg nyumbang setidaknya utk
pendidikan scuba diving), untuk kami-2x pokoknya ya beraktivitas (hampir
setiap Sabtu siang kami pergi beraktivitas, pulang Senin pagi), ada
Pendidikan Khusus ya dianggap aja bonus.

Dana datang dari luar (uncontrollable), kalau semangat juang, motivasi
datang dari diri sendiri (controllable).

Syafril Hermansyah<syafril.yon1.mahawarman.net>