Saya mendapat surat dari salah seorang anggota aktif, anggota  yon I
yang tersisa, yaitu 4 orang, kuliahnya pada status gawat termasuk
danyon. Kita harus realistis, menyuruh mereka kerjakeras membangun
yon I kembali, termasuk pekerjaan merikrut anggota baru
sebnyak-banyaknya, sama dengan menghancurkan kuliah mereka.
Tempo hari Nomo juga mengirim email kesaya, menceritakan ketiadaan
sumber daya manusia untuk promosi perikrutan anggota, misalnya untuk
pembuatan dan pemasangan spanduk, poster, open house dll. Nomo
sendiri sudah sangat kelelahan, apalagi dia sendiri harus mencari
nafkah untuk kebutuhan hidupnya sehari-hari.
Beberapa waktu lalu Dody CB (25) telah mentransfer ke rekening yon I
sebesar 600.000 rupiah, dan sebentar lagi Imam Arbai (24, mantan
danyon) akan mentransfer 500 000 rupiah, juga saya beberapa teman
yang lain rencananya akan segera mentransfer kerekening batalyon.
Saya pikir dengan uang segitu kita cukup untuk menggaji seorang
karyawan dan beberapa office boys untuk mempromosikan yon I /merikrut
anggota (memasang spanduk, menempel poster, membuat dan mengirim
surat, dll), mempersiapkan pendidikan diksar, dan mengirim surat ke
rektor bahwa batalyon I/ITB masih eksis.
Atau kita serahkan saja perikrutan ini pada tenaga profesional atau
konsultan, kita tenderkan secara proyek.
Staf-staf batalyon yang empat orang itu, cukup mencari karyawan,
mengadakan rapat, menyusun rencana, mengecek/megevaluasi pekerjaan
para karyawan, dan mengur kalau kerjaan nggak berjalan sesuai
rencana. Apa sih ilmu yang peroleh dari menempel poster?, kalau hanya
ingin mendapat pengalaman cukup sekali saja. Biar office boys yang
mengejakan pekerjaan semacam itu.
Di Osaka university, hampir semua kegiatan mahasiswa dikampus,
melibatkan karyawan/tenaga paruh waktu yang digaji perjam, selain ada
voluntir yang dipanggil dari berbagai organisasi (yang tercatat
dikantor walikota), yang kebanyakan ibu-ibu atau orang-orang yang
sudah berkecukupan dan kelebihan energi.
Saya teringat pengalaman saya bersama Emil,  Faisal, Bimo, nano, agus
jub, Aris dll, dalam perikrutan anggota yon I (4 kali, 1993-1997) dan
dua kali jadi dantim. Ini kerjaan hebat, dan sangat melelahkan,
membutuhkan dana besar dan orang yang banyak, selain membutuhkan
ketahanan mental untuk durasi kerja beberapa bulan. Ada 4000 bundel (
bersisi 2 lembar surat+ brosur 8 halaman+ 1 lembar formulir
pendaftaran ) yang kirim melalui pos untuk dua angkatan, ada 4000
poster ukuran A3 dan A2 yang disebar setiap fajar dengan lem kertas
berember-ember, dan ada brosur-brosur lainnya, majalah ksatria gansha
dua edisi, selebaran beberapa kali untuk melawan serangan para
kativis yang brutal terhadap menwa, dan yang seru mako kita "permak"
dengan berbagai tulisan, foto, album dll, selain ada perpusatakaan
kecil berisi buku manajemen kepemimpinan terbitan gramedia yang kita
pasang diruang tamu, tak mau kalah ada berbagai pot bunga yang indah
serta taman depan mako yang tertata apik. Saya pernah menghitung
total biaya yang dikeluarkan, sekitar 1.5 juta sampai 2 juta
(sekarang mungkin setara dengan 4 - 6 juta). Dari biaya yang besar
itu kita hanya dapat 1 persen dari 2000 mahasiswa ITB perangkatan
masuk,sekitar 20 orang, lumayan.
Dengan 4 orang anggota yang kuliahnya status gawat, dan dengan
keadaan kas yang minim (untuk bayar telepon saja harus nombok) apa
masih bisa melakukan kegiatan perikrutan seperti zaman saya dulu?
Sekali lagi, kita harus realistis!!

Rifki Muhida