> Pertanyaan di benak saya, kenapa AURI pada waktu itu
> memutuskan utk membeli A-4 Sky Hawk ex-Israel? Karena
> murah ? Pressure dari AS ?

Yang ini jelas saya tidak bisa jawab...........beli pesawat sih bukan
keputusan TNI AU , seperti kita beli pesawat Sukhoi....biasanya matra TNI
pertama-tama hanya diminta "cocok tidak" menggunakan alut
sista "itu"..........

Saya pernah baca,
> performans A-4 ini tidak begitu bagus.

Ah nggak juga, di Vietnam merupakan backbone US NAVY/Marine selain
Phantom,

mengenai perang Suriah/Mesir 7 hari ?.....silahkan cari literatur berapa
banyak MIG negara Arab  "auger in" dibandingkan Israel..............terus
terang MIG hancur lebur........

> Jawaban Pak Sukris yg kedua semakin mendukung
> pernyataan saya bahwa Indo-Israel telah lama
> berhubungan (walau di tahun 1979 masih dibrokerin AS).

saya pikir ini hanya masalah dagang biasa, seperti orang pingin beli jam
tangan yang di  impi-impikan tapi duitnya nggak nyampe, akhirnya beli
bekas...kalau perlu masuk-masuk gang disekitar hayamwuruk/mangga
dua...yang banyak ayamnya......

salam,

sukris