From: "Rachmad M" <rachm...@yahoo.com>
Sender: AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com
Date: Sun, 08 Aug 2010 23:22:24
To: <AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com>
Subject: Re: [Keuangan] Khudori : Menjinakkan Inflasi

Sebaiknya inflasi kita golongkan agar kita tahu bagaimana menyelesaikannya.

1. Inflasi terbuka :
Kenaikan harga terjadi secara umum pada semua jenis barang pada umumnya. Hal
ini biasanya terjadi :
a. Kebijakan pemerintah menaikan harga/biaya komponen produksi seperti BBM,
Listril, Pajak
b. Melemhnya mata uang terhadap barang akibat defisit anggaran yang
diselesaikan dengan cara mencetak uang.
c. Secara umum semua orang mendapat bonus/buka tabungan/dapat tunjangan secara
bersamaan seperti hari raya di Indonesia sehingga jumlah uang yang beredar jauh
lebih besar dari biasanya.

2. Inflasi Tertutup.
Kenaikan harga pada barang tertentu yang sedang banyak dibutuhkan. Misal Semen,
Pasir atau cabi tanpa berpengaruh terhadap barang lainnya

Penyebabnya adalah :

a.Permintaan akan barang tertentu tiba-tiba besar bisa akibat trend bisa juga
akibat kebijakan fokus pada sektor tertentu.

b. Pemasok barang bermasalah dengan alat produksinya, masalah hukum, masalah
kepemilikan etc sehingga produksi dan distribusinya terganggu dan pasar
kekurangan barang dimaksud.

Jika sudah demikian maka penyelesaiannya juga beda-beda. Untuk Inflasi Tertutup
biasanya akan diikuti munculnya pengusaha baru dan didukung sektor keuangan
untuk segera mengisi pasar yang lowong sehingga sampai kondisi pasar yang
normal.

Jika diselesaikan dengan cara subsidi sampai kapanun masalahnya gak akan
selesai.  Misal harga cabe naik diselesaikan dengan cara subsidi :-)
Penyelesaiannya ya perbanyak orang yang nanam cabai.

Salam

RM

--- In AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com, "Andi MF Avandy"
<link2ha...@...> wrote:

> **Saya ngak bilang bahwa pasar tidak perlu diatur...itulah pemerintah
> berperan sebagai regulator. Baca lagi tulisan saya...jangan dibolak balik.Apa
> hubungannya kenaikan harga dengan masalah pertahanan?>
>
> #Bentuk pengaturan yg saya maksud bukan dalam bentuk pemberlakuak tarif, tax,
> quota, floor /ceiling price dll tapi terjun langsung sebagai
> penyedia/suplayer untuk menurunkan harga.  Hubungan pangan termasuk harga
> pangan yg tinggi akibat kelangkaan dan pertahanan itu erat . Agh. :)
>
> *Supaya harga murah, ya produksi harus diperbaiki, infrastruktur harus
> [...]

Millis AKI mendukung kampanye "Stop Smoking"
Alamat penting terkait millis AKI
Blog resmi AKI: www.ahlikeuangan-indonesia.com
Facebook AKI: http://www.facebook.com/group.php?gid=6247303045
Arsip Milis AKI online: