Pertama, Anda cukup berniat bahwa usaha anda bukan untuk bermaksiat kepada
Allah.

Kedua, Upayakan menangkal akses ke situs porno dengan (1) pasang squid, trus
blokir situs porno, (2) kasih peringatan bahwa warnet anda melarang akses ke
pornografi. kalau perlu kasih sedikit ancaman soal hukum/UU (*jangan kritik
pake agama*,* banyak yang phobia ama nilaiĀ² agama*). (3) jangan membuat
partisi yang terlalu tertutup, cukup partisi yang bisa menjaga privacy
tampilan di layar monitor, ngga perlu privacy total. user sampe berani onani
itu pasti partisinya sangat tertutup (*jempolnya ajah mungkin ngga keliatan*).
(4) pake remote buat mengawasi user anak kecil. kalau buka situs porno, usir
aja.

Ketiga, Usaha itu sudah cukup. Bukan salah kita jika ternyata user masih
berbuat maksiat. Ibarat kita ngerentalin mobil, jika mobile dipake untuk
merampok bank, yang dosa bukan pemilik mobile.

Keempat. Laksanakan zakat dengan tertib. Salah satu fungsi zakat memang
untuk membersihkan hasil usaha kita dari dosa. Namanya bisnis, ada
sedikit-sedikit harta kotornya.

Kelima. Kalau anda tutup, anda menyerah pada kemaksiatan. Sorry bro.... :P

Salam,
Yusuf Caesar