Kalo dari artikel2 yg saya baca. Cara yg baik edta nya dilarutkan dulu pakai air panas, terus air akinya disedot dan dicampur larutan edta tadi, trus dimasukin lagi ke aki. Tapi berhubung saya males nyedotin air aki, jadi saya tuang aja langsung ke akinya. Dengan harapan bisa tercampur homogen dibantu getaran mobil. :)
Regards, Iwan Sent from hp dibeliin pacar™ with pulsa dibayarin kantor® -----Original Message----- From: "Adi Satrio" <[email protected]> Sender: [email protected] Date: Tue, 29 Jun 2010 10:19:19 To: <[email protected]> Reply-To: [email protected] Subject: Re: [baleno] Na4-EDTA untuk aki Om Iwan, penggunaan yang baik bagaimana? air aki di aki agak dikurangi dulu, baru kemudian diisi dengan air aki yang sudah dicampur dengan EDTA Teknis tadi. Atau air aki plus EDTA Teknis cuman buat nambah2 air aki saja? thanks. adi. ----- Original Message ----- From: Iwan Ismanto @mobile Justru sebaliknya, Oom Ferry. Terjadi sulfatisasi pada pelat timbal di aki, memang proses alami yg pasti terjadi. Namun Karena sel2 dalam aki mobil bentuknya berpori dan diatur sangat berdekatan, maka apabila dilakukan overcharge/trickle charge justru bagian yg rontok tsb tidak larut kembali ke elektrolit, melainkan terlepas dan menempel di medium antar sel2, sehingga berpotensi bikin short. Nah disitu gunanya EDTA. Karena sifatnya sebagai anti oksidan, seharusnya bisa mencegah terjadinya sulfatisasi terhadap pelat timbal. Regards, Iwan Sent from hp dibeliin pacar™ with pulsa dibayarin kantor® __________ Information from ESET Smart Security, version of virus signature database 5220 (20100623) __________ The message was checked by ESET Smart Security. http://www.eset.com
