Mbak,

Yang pernah saya baca2, bahwa polio oral melindungi bayi terhadap serangan
virus polio dengan cara melapisi usus bayi. Nah nanti virus polio yang
sudah dilemahkan ini akan keluar bersama tinja bayi. Nah jika di suatu
komunitas, beberapa bayi dengan polio oral dan beberapa bayi dengan polio
injeksi, malah kasihan bayi dengan polio injeksi, karena jika terpapar
virus polio (yg sudah dilemahkan) dari tinja bayi yang mendapatkan polio
oral maka dia tidak punya antibody-nya alias rentan.

Jadi, jika ingin polio injeksi maka satu daerah tersebut, semua bayinya
juga harus mendapatkan polio injeksi, tidak bisa setengah2.

Jika masih ada yang polio oral maka sebaiknay polio oral.

Saya masih memberikan polio oral dan dsanya juga memberikan polio oral,
karena di daerah saya, belum ada gerakan polio injeksi.

Singkatnya, kalao mau oral ya oral semua, kalo mau injeksi harus injeksi
semua.
Itulah kenapa untuk imunisasi wajib, adalah kewajiban pemerintah, karena
yang dilindungi adalah satu komunitas (society).

Kirim email ke