On Tue, 21 Dec 1999, merisa wrote:

> Yth, Pak Firdaus,
> Boleh saya tanyakan sedikit? apakah bau langu (bau khas kacang kedelai) akan
> hilang, karena sebelum saya beralih ke sari kedelai dalam bentuk tepung
> instant (yang lebih mudah penyimpanannya) , saya juga sudah mencoba membuat
> sendiri susu kedelainya, tapi sayang baunya masih tetap saja ada, atau
> mungkin karena pengaruh jenis kacang kedelainya juga yah?, karena saya lihat
> di pasaran ada beberapa jenis kacang kedelai juga.
> Terima kasih.
>
> Salam,
> Mamanya Andrew

Betul tidak pakai gula dan juga tidak ditambahi flavor, yang
merupakan bahan adalah melulu kacang kedelai dan air. Jadi susu kedelai
yang dihasilkan disimpan dalam lemari es sebagai susu kedelai tawar
(plain). Saya tidak tahu adakah hubungan gula dengan ketahanan SK.
... Sirop, gula atau madu baru dicampurkan begitu ketika akan dihidangkan,
dengan ini menjadi fleksibel - mau rasa apa kapan saja. Keuntungan lain
dengan SK tawar ini apabila SK basi, ya yang terbuang hanya SK-nya saja
tidak dengan yang lain-lainnya turut terbuang.

Mama Andrew. Kacang kedelai yang dipakai sbg bahan adalah kacang kedelai
yang umum ada di pasar-pasar, jenis apa saja -  dipilih yang masih baik.
Mengenai bau khas kedelai, saya tulis di bawah ini sebagai kelanjutan
tulisan saya minggu yang lalu.

Dalam cara pembuatan yang saya tulis minggu y.l. menurut yang empunya cara
ada sedikit kekurangan. Saya tulis kembali beserta perbaikannya,

1.  1/2 kg kacang kedelai direndam 4 - 6 jam sampai mengembang dan empuk.
    Tiriskan. (kulit tidak usah dikupas)
2.  Taruh dalam wadah lantas disiram dengan air panas mendidih dan biarkan
    kira-kira 1/4 jam, kemudian buang sang air. Bilas dengan air bersih.
    Proses ini akan mengurangi bau khas kedelai yang suka muncul pada SK.
3.  Langkah berikutnya lumatkan kacang dengan menggunakan blender.
    Kacang yang sedah menjadi pasta ini campur dengan air panas sebanyak
    2,5 liter(tidak usah air mendidih - yah air panas dari termos lah). Dengan
    cara ini rendemen SK pada kacang akan maksimal terlarutkan oleh air.
    Biarkan sampai cukup dingin sehingga dapat diperas.
    Diperas dengan menggunakan kain yang bersih.
4   Proses terakhir susu hasil perasan dijerang di atas api kecil, boleh
    di aduk-aduk  - enggak juga enggak apa-apa. Dijerang tidak sampai
    mendidih keras yang membuncah, cukup sampai mengeluarkan gelembung-
    gelembung kecil dan mengeluarkan asap tipis - segera ambil dari api.
5.  Tuangkan ke dalam wadah penyimpan dlm keadaan panas. Akan lebih baik
    apabila wadah untuk menjerang sekalian dipergunakan sbg wadah penyimpan
    sehingga tidak ada proses tuang menuang. Dinginkan dalam keadaan wadah
    tertutup sehingga mencapai suhu yang cukup untuk dimasukkan lemari es.
    Segera masukkan ke dalam lemari es dalam keadaan wadah tertutup rapat,
    disimpan pada kompartemen sejuk (tidak dalam freezer).
    Apabila mendinginkan di udara terbuka tadi kelewat lama (kira-kira
    diatas 6 jam) sebaiknya dipanaskan kembali. Titik 5 ini semua dalam
    upaya meningkatkan ketahanan sang SK terhadap basi.

Bau khas kedelai pada SK memang merupakan hambatan bagi sebagian orang.
Banyak ibu-ibu belum apa-apa sudah mual dan enggan meminumnya. Selain
dengan proses pada Titik 2 di atas, ada tips untuk menekan (bahkan
menghilangkan) sang bau, yaitu kita meghidangkannya dalam keadaan dingin -
kalau perlu ditambah dengan es batu.
Kami sering menyuguhi tamu-tamu kita dengan susu kedelai kami tanpa
memberi tahu bahwa itu susu kedelai, dan hasilnya kebanyakan dari mereka
telah tertipu tidak menyadari bahwa mereka telah meminum susu gurih
nikmat serta non kolesterol.

... Mohon maaf, karena keterbatasan waktu saya stop dulu.

Kalau sempat akan saya lanjutkan nanti sore ...

F.