Mbak Iin,
Memang agak sulit untuk mengetahuinya, tetapi biasanya
kalau terjadi sesuatu yang abnormal tubuh kita akan
bereaksi, termasuk juga dengan adanya keputihan
tersebut. Untuk sepsis sendiri memang tidak selalu
dari keputihan, dari artikel yang pernah saya baca
bakteri streptococcus B juga menjadi penyebab sepsis
dan meningitis pada bayi dan kalau di AS ibu hamil
selalu ditawarkan untuk menjalani pemeriksaan  GBS
(Group B Streptococus) ini saat kehamilan 35-37
minggu. Testingnya dengan mengambil sedikit cairan
vagina untuk diperiksa di lab.Waktu saya hamil dahulu
pernah saya tanyakan kepada DSOG saya tetapi dia malah
belum pernah dengar tentang bakteri ini dan di sini
belum ada pemeriksaannya, sayang sekali memang.
Kalau terjadi keputihan biasanya dokter memberi
antibiotik yang diminum atau yang dimasukkan dalam
vagina, saya rasa kalau kasusnya tidak berat biasanya
tetap bisa melahirkan normal kecuali untuk kasus
penderita penyakit kelamin seperti sifilis, GO dan
herpes harus lewat operasi caesar karena sulit
disembuhkan.