Buat Mbak Armiati,
kalo dokter kandungan saya sih waktu itu menyarankan 6 bulan sebelum rencana
mau hamil,
sebaiknya istri (& bahkan suami) test dulu ke lab, bukan cuma tokso, tapi
ada rubella, cmv
dll .. (sebaiknya pakai pengantar dari dr kandungan .. items apa saja yang
perlu di tes ..)
jadi masih bisa direhabilitasi dalam 6 bulan itu .. (sebelum hamil)

waktu itu saya sendiri kena CMV atau Sitomegalus dan kebetulan menikah
langsung positif ..
akhirnya tetap diobati .. dan waktu bayi saya lahir dites kembali dengan
test darah dari tali pusat
& anak saya yang berumur 3 hari di scan kepalanya (alhamdulillah sudah
negatif & aman).
Namun pesen dokter saya .. kalo mau hamil lagi nanti, tetep harus di test
lagi ..

Yth Pak Wahyu,
saya ada usulan .. bagaimana kalo bapak meminta "second opinion" dari dokter
lain dan lab lain ..
soalnya ada beberapa kasus teman-teman kantor saya .. ada yang sudah 8 bulan
spt istri bapak
dan dibilang ada virus tokso .. ternyata pas di tes di lab lain negatif ..
juga dengan dokter lain ..
Saya juga mengusulkan istri bapak datang ke Dokter Asdineri (praktek di R.S.
Budi Jaya)
karena beberapa teman saya yang positif virus pd kehamilannya alhamdulillah
dapat diobati olehnya,
denger-denger dokter tsb ahlinya dalam menangani virus.

Semoga bermanfaat ..