Pak Kid,

 Terima kasih untuk waktu dan penjelasannya yang sangat detail.
 Setelah baca ini, ooo nya semakin tambah panjang hehe

 Semakin semangat untuk menggali ilmu jadinya.

mailto:mr.nm...@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com
mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>:

 hmmm...

diperjelas dulu Excel dasar nya ya...

Begini :
> Data di dalam sebuah workbook berasal dari :
1. Entry Data, yaitu hasil :
    a. ketik langsung ke dalam cells di sebuah worksheet tertentu
    b. copy dari tempat lain dan paste ke dalam workbook di worksheet tertentu
2. Koneksi Data, yaitu hasil :
    a. Get External Data, yang terbagi dalam 2 jalur, yaitu :
        i. Melalui fitur Excel Get External Data  -> Data hasil koneksi
langsung diserahkan ke object penampil data (lihat bagian > Data Flow)

           Pada xl2003 : disebut Import Data

           Mulai xl2007 : disebut Excel Get External Data
                                   ada di ribbon DATA grup menu Get External
Data mulai xl2007 sejak sampai xl2016 sebelum update Januari 2018 (tanpa ada
tambahan & Transform Data)

 ​*** Microsoft Query adalah bagian dari fitur Excel Get External Data.

 *** Microsoft Query menggunakan ODBC Connection

​                                  Pada Excel 365 (termasuk xl2016 mulai update
Januari 2018), menu Excel Get External Data disatukan dengan menu Power Query
di dalam ribbon Data grup menu Get & Transform Data

​                                  >>> menu From Other Sources milik Excel Get
External Data (fitur lama Get External Data alias yang bukan bagian dari fitur
Power Query) ada di 2 tempat, yaitu :

                                  1. Untuk ODBC Connection dengan Microsoft
Query, ada di menu Get Data -> From Other Sources -> From Microsoft Query

​                                      2. untuk OLEDB Connection ada di menu
Get Data -> Legacy Wizards

​                                                  *** Jika pada xl2016 update
Jan 2018 atau xl365 tidak muncul menu item Legacy Wizards, atur di Excel
Options (menu File -> Options), pada page DATA :

​

         ii. Melalui Add-in Power Query maupun Power Pivot (mulai xl2010) ->
Data hasil koneksi disimpan dalam Excel Data Model
             - Pada xl2010 dan xl2013 dengan meng-install Power Query add in,
dengan ribbon bernama POWER QUERY

​
            - pada xl2016 pro add in sudah built in ,
              > xl2016 sebelum update Jan 2018 : menu-menu yang di versi xl2013
ke bawah ada di ribbon Power Query, dipindah ke dalam ribbon Data menjadi 1
(satu) grup menu baru bernama Get & Transform

 ​                   *** yang dikotak biru adalah grup menu Get & Transform,
yaitu menu milik add in power query. Pada xl2010 dan xl2013, menu ini ada di
dalam ribbon POWER QUERY

                    *** grup menu Get External Data [asli fitur bawaan Excel]
ada di sisi kiri grup menu Get & Transform [milik add in Power Query]

                    *** menu item New Query di dalam grup menu Get & Transform
berisi item-item menu : From File, From Database, dan sebagainya (menu yang ada
di Power Query)

​

              > xl2016 mulai update Jan 2018 : grup menu Get Externa Data
(bawaan asli Excel) digabung dengan grup menu Get & Transform (milik add in
Power Pivot) menjadi grup menu Get & Transform Data

                      *** menu item New Query yang tadinya ada di grup menu Get
& Transform (xl2016 sebelum update jan 2018) dipindah ke dalam menu item Get
Data di dalam grup menu Get & Transform Data

​

 > Data Flow

 Secara umum, alur perjalanan data adalah sebagai berikut :

​

 MS Query adalah bagian dari Excel Get External Data.

 Regards,

mailto:stephensapu...@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com
mailto:belajar-excel@yahoogroups.com >:

 Pak Kid,

 Sebenarnya saya juga pake worksheet dan autofilternya. Hanya saja waktu baca2
buku dan browising, ternyata bisa kalau data yang ada di table muncul di
listbox jadinya penasaran lagi untuk di buat. hehehe

 Ini juga masih nyambung cerita yang pernah saya tanyakan di milis tentang Get
external data dan juga power pivot. Waktu itu sudah saya coba untuk keduanya
tapi masih belum berhasil. Saya coba alternativ lain dengan menggukanan MS
Query dan berhasil. Saya pun belum tau kelebihan dan kekurangan MS query ini
karena kyknya kalah populer dengan 2 di atas ya ? mungkin juga saya salah

 Kembali lagi ke Table yang di pakein Lisbox. Table ini adalah hasil output
dari MS Query yang terkoneksi dengan Database. Tujuannya supaya kalau sekali2
mau lihat data yang ada di databasee, bisa langsung merujuk ke table tersebut
tanpa harus membuka database. Sampai di sini saya tidak tau apakah konsep
seperti ini benar atau tidak.

 Cuman kendalanya, waktu saya coba memunculkan data dari table ke dalam
listbox, pencarian jadi sangat lamban. untuk ngetik di dalam textbox ( texbox
yang di pake untuk search ) saja butuh waktu sekitar 6 detik baru angka yang di
ketik muncul. Apakah ini karena Table yang di rujuk adalah hasil output dari MS
query ? ataukah memang murni karena komputernya yang lamban ? ataupun masalah
yang lainnya ?

 Sebenarnya agak ribet memang kalau mau di buat data muncul di dalam listbox,
toh ternyata bisa menggunakan table hasil output dari MS Query, tapi yaitu
namanya juga proses belajar, selalu penasaran dengan hal yang baru, hehe

mailto:mr.nm...@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com
mailto:belajar-excel@yahoogroups.com >:

 Boleh tahu kenapa tidak memanfaatkan worksheet beserta autofilter-nya saja ?

Atau pivot table yang juga punya autofilter gitu...

Kalau dengan Excel Table dalam sebuah worksheet, bisa ada lebih dari 1 tabel
dalam worksheet dengan masing-masing table memiliki autofilter-nya
sendiri-sendiri.

Regards,

mailto:stephensapu...@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com
mailto:belajar-excel@yahoogroups.com >:

 Terima kasih byk Pak Kid untuk informasinya, Coba alternativ lain lagi berarti
hehe

mailto:mr.nm...@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com
mailto:belajar-excel@yahoogroups.com >:

 Tidak bisa.

Ada yang menyarankan pakai ListView activex control (control dalam mscomctl),
tetapi hanya untuk Office 32 bit saja karena mscomctl hanya ada 32 bit (tidak
ada mscomctl 64 bit).

mailto:stephensapu...@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com
mailto:belajar-excel@yahoogroups.com >:

 Selamat siang rekan2 semuanya,

 Mohon kiranya dapat di berikan petunjuknya, pada excel yang saya attach, saya
membuat listbox dengan rawsourcenya langsung di ambil dari table1.

 Pertanyaan saya,
 1.. Bisakah kita membuat filter pada headercoloumnya yang di set melalui
properties ?
 2. Kalaupun tidak bisa di set melalui properties, dengan cara apa agar bisa
menggunakan filtering melalui listbox ?

 Terima kasih untuk bantuannya.

  • [belajar-excel] F... Stephen Saputro stephensapu...@gmail.com [belajar-excel]
    • Re: [belajar... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]