Hai Irwan,

Alhamdulillah form input data memiliki beberapa field yang terpisah untuk
data alamat.

Jika ada kesempatan enhancement, ada baiknya untuk field Desa/Kel. dan Kec.
dibuat seperti Kota, dan urutannya bisa dimulai dari memilih kota, lalu
memilih kecamatan, lalu desa/kel.
Andai tidak dengan pilihan, akan lebih jelas jika beri nama field, seperti
Desa/Kel. daripada sekadar tanda * (tanda required field), juga nama field
Kec. daripada sekadar tanda * (tanda required field.

btw,
dengan form inputan seperti yang sudah ada, sewajarnya setiap field
tersimpan di dalam database dalam kolom-kolom tersendiri.
Jadi, di dalam database, data alamat lengkap bisa diperkirakan akan ada
kolom [Alamat], [Alamat1], [Alamat2], [Kode Kota], [Kode Pos]
Bisa jadi, kolom [Kode Kota] juga disertai kolom [Nama Kota]. Tapi
keberadaan kolom [Nama Kota] di dalam database ketika ada [Kode Kota]
adalah kurang baik.
Andai tidak ada kolom [Kode Kota], dan justru malah yang ada adalah kolom
[Nama Kota], maka hal ini juga kurang baik walau berasal dari inputan
berupa pilihan dan berdasar tabel referensi.

Dengan keberadaan kolom-kolom tersebut di atas, kemudian operator diminta
menghasilkan data alamat lengkap, maka ada dua kemungkinan yang dilakukan
operator, yaitu :
1. menampilkan gabungan semua kolom alamat menjadi alamat lengkap (ini yang
tampaknya terjadi terhadap data hasil download Anda)
atau
2. menampilkan semua data alamat dalam kolom terpisah menjadi dataset
berisi kolom [Alamat],[Alamat1],[Alamat2],[Nama Kota],[Kode Pos]

Jadi, ada baiknya Anda meminta secara lugas kepada operator untuk
menampilkan kolom-kolom :
      [Alamat],[Alamat1],[Alamat2],[Nama Kota],[Kode Pos]
Andai data [Kode Pos] tidak dibutuhkan, maka bisa tidak disertakan. Sesuai
kebutuhan saja, tetapi per kolom tabel database (tidak ada penggabungan
antar kolom, apa adanya saja).

Hal ini lebih realistis dibanding memisahkan data gabungan data alamat
(berisi banyak kolom dalam tabel database) menjadi beberapa kolom seperti
yang ada di database kembali.

Catatan :
Jika hasil permintaan kolom-kolom tersebut akan di-ekspor menjadi sebuah
text file (yang Anda unduh)  :
1. JANGAN minta dalam bentuk .csv, karena inputan field [Alamat], [*], [*]
bisa berisi karakter koma dan proses ekspor data menjadi text file
berbentuk .csv tidak menyertakan quoted identifier (data teks tidak diapit
petik dua ")
    Bisa dibayangkan jika hasil .csv tanpa quoted identifier seperti ini :
         JL. DASA DARMA NO.9,KELURAHAN PENGASINAN,KECAMATAN RAWALUMBU,BEKASI
         MENARA X, LT.5, JL. A. YANI NO.78, BLOK C, RT 006, RW 006,KEL.
Y,Z,JAKARTA SELATAN
    Pengambilan nama Kel, Kec, Kota jadi harus pakai formula, karena bisa
jadi ada baris Excel yang berisi 4 kolom (seperti record 1) dan ada yang
berisi 9 kolom (seperti record 2)
    * kuatirnya, operator atau sistemnya tidak secara auto menambahkan
quoted idefntifier pada record ke-2.

2. kalau operator bisanya hanya dalam bentuk .csv, minta agar disertakan
quote identifier.
    Contoh 2 baris hasilnya akan seperti ini :
         "JL. DASA DARMA NO.9","KELURAHAN PENGASINAN","KECAMATAN
RAWALUMBU","BEKASI"
         "MENARA X, LT.5, JL. A. YANI NO.78, BLOK C, RT 006, RW 006","KEL.
Y","Z","JAKARTA SELATAN"

3. mintalah agar menggunakan delimiter TAB atau karakter '|' (pipe
delimeter).
    Jadi nanti semua akan terbentuk rapi ketika dibuka di Excel, dengan
jumlah kolom yang tetap.
    Operator juga tidak dikuatirkan lupa tentang quoted identifier, karena
tidak perlu.
    delimiter TAB adalah standar, jadi biasanya ada pilihannya di dalam
sistem manapun.
    delimiter pipe (vertical bar) '|' juga biasanya terdapat dalam pilihan
daftar delimiter dalam sistem.

so,
Dicoba untuk meminta bentuk output baru dulu ya.
Moga-moga malah jadi lebih simpel dan mudah tanpa formula.

Regards,
Kid

On Sat, Oct 6, 2018 at 3:36 PM Mustakim Irwan mustakim.ir...@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

> [...]
> Master Master excel di Group Ini tapi tetap saja tidak sesusai dengan harapan
> karena nama Desa, kelurahan dan Kecamatan yang bervariasi. ada yang ditengah
> kalimat, dibelakang, kadang juga didepan jadi saya harus kerjakan secara
> manual dan memakan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan nama Desa,
> kelurahan dan Nama Kecamatannya.
>
> Adakah cara lain untuk menyelesaikan kesulitan saya ini para master ?
>
> Saya Ucapkan terima kasih sebelumnya atas bantuan para Master..
>

> *Note:*File ini sumbernya dari downloadan system ditempat saya bekerja.

  • [belajar-excel] Ru... Mustakim Irwan mustakim.ir...@yahoo.com [belajar-excel]
    • Re: [belajar-... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
      • Re: [bela... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
    • Re: [belajar-... Mustakim Irwan mustakim.ir...@yahoo.com [belajar-excel]