Saya kira istilah Huakiao hanya dpt dipakai utk first generation atau mereka yg
dilahirkan diChina. Kadang² memang 2nd generation masih dipakai jikalau masih
fasih dlm bahasa dan kebudayaan - tetapi setelahnya tidak dianggap sebagai
huakiao.
Ini Kita juga lihat dgn bangsa jepang yg hanya mengakui first generation -
It-sei dan yg 2nd generation jikalau kelahirannya dicatat di tempat kelahiran
OT mereka.

Yg tinggal diIndonesia sering mungkin sudah 3, 4, 5 atau lebih dan menurut saya
adalah 100% indonesian native [bumiputra] Karena itu mereka sudah menjadi salah
satu dari puluhan suku² negara Indonesia. Di Singapora mereka yg sudah menjadi
native menyebut diri mereka Baba dan Nyonya [= 峇峇娘惹 / Bā-bā Niû-liá ] dgn
kebudayaan dan tradisi tersendiri. Mereka malah sangat bangga dgn istilah ini
--- silahkan kalian selidiki sendiri diInternet Baba-culture mereka. Dibawah
ada info dari wikipedia.

Silahkan kalian pikirkan

Andreas

http://en.wikipedia.org/wiki/Peranakan

--- On Wed, 10/7/09, hoedjin_tjamboek_berdoeri