On Mon, Jul 18, 2005 at 05:19:45PM +0700, Mustafa Ramadhan wrote:
> Contoh kasus, bagaimana dengan domain depdikbud.go.id atau
> depdiknas.go.id?. Kalau konsisten bukankah "seharusnya" ddb.go.id atau
> ddn.go.id?.

Begini. Di .ID, setiap second level domain (SLD) memiliki aturan
sendiri-sendiri. Misalnya co.id ribet seperti anda sebutkan.
Untuk go.id, beda sendiri. Tapi mereka memiliki aturan juga.
Demikian pula ac.id juga ada aturannya sendiri.
or.id dan web.id juga, hanya lebih lunak saja.

Beberapa tahun yang lalu, dibuat sebuah kelompok kecil untuk membahas
masalah domain co.id. Hasilnya, ya seperti sekarang ini.

Saya lagi mau usul untuk membahas pembaharuan tentang domain sch.id.
Ada beberapa masalah seperti SMU atau SMA? Singkatan nama kota? dsb.
Kalau ada yang mau memulai?

> Wah, susah juga ya untuk mencoba jadi NASIONALIS?!

Maksudnya?

Beberapa tahun yang lalu ada orang asing yang mau "membeli" semua
pengelolaan domain .ID. Dia bisa generate revenue, tapi dia akan
membebaskan aturan. Semuanya boleh. Dapat dibayangkan, akan berantakan
struktur .ID. Apakah ini yang disebut nasionalisme?

-- budi

Kirim email ke