Lagi ngelihatin sud mhk ya  Fer.... udahlah .... ,ada banyak well disana
pelajari lossnya dari final well report ....  hati hati kalau masuk di
carbonate u8 ... pasang lah casing beberapa meter diatasnya supaya kalau
total loss tidak  swabbing dan orang Inpex  terapung apung  dilaut kayak
waktu itu kan malu ..... he he he kau masih disekolah waktu itu jadi
mungkin nggak tau ceritanya ..... walaupun u8 yang cukup dahsyat  hati hati
juga sama carbonate u4 ...mereka patchy patchy tapi kalau ada open fracture
kan bisa mampus juga kita ......

kita diutara juga punya masalah sama tapi di carbonate mf2 .... yang kita
lakukan sih bodoh bodohan aja Fer ...pelajari lost dari final well report
... lihat pola (sebaran carbonatenya)  diseismik ...prediksi ketebalannya (
dengan catatan bisa jadi yang paling bright bukan paling tebel tapi karena
tuning misalnya) .... untuk informasi si carbonate ini nggak tebel tebel
amat lho kalau dibanding ditempatmu itu tapi ada yang total loss nggak kira
kira ... kita pelajari polanya (seismik attributes vs loss) kok tidak ada
kesimpulan spesifik .... jadi kita ancang ancang worse scenario aja  ....
pasang casing beberapa meter diatas (hati hati sama prediksi kedalamanmu
nanti missed....) .... pake water base mud ..siapin semen yang banyak dan
siap tempur  ......

untuk satu kasus dekat dekat ini  kita coba lewat di koridor fault  (fault
plane) dimana secara teknis dalam koridor ini kita tidak menjumpai si
carbonate ....  dengan mempertimbangkan ketidak pastian dari fresnel zone
dan ketidak pastian fault picking ditambah ketidak pastian prediksi
kedalaman ... koridor jadi sangat sempit sekali ( 60-75 m)  .... amusing
juga  membayangkan  narok trajectory suatu well yang radiusnya cuma ukuran
centimeter dalam koridor 75 m dan kita takut missed .....  saya sungguh
looking forward dengan permainan ini mudah mudahan studi site surveynya
tidak mindahin well itu kemana mana ...... kalau berhasil bisa
menyelamatkan 2 juta dollar ..... lumayan kan ......

|---------+---------------------------->
|         |           Paulus Tangke    |
|         |           Allo             |
|         |           <[EMAIL PROTECTED]|
|         |           ail.com>         |
|         |                            |
|         |           16/02/2006 10:19 |
|         |           AM               |
|         |           Please respond to|
|         |           fogri            |
|         |                            |
|---------+---------------------------->

>-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------|
  |

  |       To:       fogri@iagi.or.id
                                      |
  |       cc:
                                      |
  |       Subject:  Re: [fogri] deteksi fracture di karbonate.....
                                      |

>-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------|

sederhananya cukup dengan mengamati bentuk gelombangnya (waveform).
jadi tinggal dibandingkan antara bentuk gelombang seismik di zona tsb
dgn informasi intensitas fracture dari sumur.
logikanya, semakin "hancur" batuannya, maka citra seismiknya juga akan
semakin "rusak".
dari sini bisa dibuatkan semacam katalog kecil yang menghubungkan
antara bentuk gelombang seismik dgn padanan informasi intensitas
fracturenya.

hanya saja, karena dari data seismik, jadi tidak bisa langsung "tunjuk"
dimana letak lost circulation zone-nya.

tidak perlu prosesing tambahan, cuma perlu waktu tambahan
utk lihat-lihat data seismiknya.
tidak ada jaminan berhasil sih cuma tidak ada salahnya kan kalau
menghabiskan waktu lebih banyak utk melihat data

--pta

On 2/16/06, [EMAIL PROTECTED]
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]
> bagaimana caranya untuk mendeteksi seperti yang Mas Paul bilang...?
>
> misalnya begini : saya punya 2 reef....saya mengharapkan ada additional
> porosity dari reef tersebut...tapi juga jangan kebanyakan sehingga
> caving/lost circulation.
> saya punya 3d seismic...nah bagaimana mengukur (cukup kualitatif) degree
> fracturation dari masing - masing reef tersebut sehingga bisa memberi
> gambaran bahwa ada tambahan porosity tapi enggak sampai lost
> circulation....
> kalau bisa yang enggak usah pake tambahan processing segala macem....

This e-mail (including any attached documents) is intended only for the
recipient(s) named above.  It may contain confidential or legally
privileged information and should not be copied or disclosed to, or
otherwise used by, any other person. If you are not a named recipient,
please contact the sender and delete the e-mail from your system.