bisa coba 'look a head wellbore seismic' kalau percaya....
resolusinya juga kurang baik.... tapi dari seismik seismikan iini termasuk
yang terbaik....
coba refer ke presentasi gabungan antara kalau nggak salah stephan gazet +
schlumberger di IPA tahun 2005

kalau mau iseng dan punya seismic bagus coba dibikin dense velocity
analisys, semua proc center punya modulnya masing masing....... dengan ini
mungkin bisa didapatkan stacking velocity cukup tidak smooth..... tapi
nggak bisa berharap banyak deh .....

overpressure prediction sulit kalau mau dengan ketepatan puluhan meter.....
harus pakai presure data sumur sebelahnya ...... bahkan pakai data
mudweight aja bisa misleading karena orang drilling kadang suka naikin rada
suka suka .....dulu ada jaman dimana ada aturan tidak tertulis kalau masuk
zona a naikin sekian, masuk zona b naikin sekian.....akibatnya banyak skin
effect direservoir.....

kalau untuk dev mestinya kan udah banyak data presure dari sumur del atau
dev lainnya .... coba bikin peta presure per zona aja mungkin  ....  at
least itu yang kita lakukan disini ... dan mendekati zona hp, kita hati
hati melihat semua tanda tanda ....

|---------+---------------------------->
|         |           "Paulus Tangke   |
|         |           Allo"            |
|         |           <[EMAIL PROTECTED]|
|         |           ail.com>         |
|         |                            |
|         |           16/06/2006 07:51 |
|         |           AM               |
|         |           Please respond to|
|         |           fogri            |
|         |                            |
|---------+---------------------------->

>------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------|
  |

  |       To:       fogri@iagi.or.id
                                                 |
  |       cc:
                                                 |
  |       Subject:  Re: [fogri] Overpressure from seismic data

jadi apa yang resolusinya bagus untuk tingkatan development well?
(tanpa survey baru tentunya).

kalau stacking velocity, aku lihat smooth sekali,
kadang terpikir, perlu ada suatu overpressure yang dimensinya besar sekali
baru
bisa "dirasakan" oleh stacking velocity.

--pta