Kalau boleh nimbrung...

Thn 2004 saya pernah study overpressure dari data
seismik (penelitian S1).Idenya, dari sonic log suatu
sumur yg blow-out tiedkan dgn data seismik,sehingga
nantinya kita bisa peroleh model kurva anomali dari
suatu seismik di lokal area tsb. Overpressure
diestimasi setelah data anomali diperoleh dan
dikorelasikan dengan data overburden (dari density)
dan stressing velocitynya. Kalau ndak salah waktu itu
saya menggunakan pendekatan dari Terzaghi. Ide
kurvanya dari Pennebaker. Tujuannya, dari data seismik
yg ada di suatu area, kita bisa peroleh kurva normal
pressure di area tsb. Sehingga pada saat
aplikasinya,data tekanan dari suatu sumur dioverlay
dgn kurva normal yg tlh kita peroleh sehingga anomali2
pressure baik overpressure maupun subpressure bisa
terprediksi pada lokasi sumur tsb. Mungkin dlm
aplikasinya driller tgl menambahkan beberapa lb/gal
mud weight yg digunakan di tiap2 zona kedalaman yg
pembagian zonanya dilakukan brdsrkan harga pressure yg
diperoleh pd lokasi sumur tsb,untuk menghindari
terjadinya loss circulation,pipe stag dan blow out
karena anomali tekanan.

Yang digunakan memang tdk bs hanya dari stacking
velocity saja,tp butuh sonic log,density log dari
sumur terdekat untuk karakter kurva velocity. Dalam
stacking velocity mmg cukup smoothing,sehingga anomali
tsb tdk cukup kelihatan,kita bisa liatnya pada ITT
(interval transit time) dari velocity terhadap depth
(pseudo velocity).

Mungkin study saya ini blm cukup sempurna dan masih
perlu masukan lagi. Kalau dilihat dari hasilnya,
hipotesis saya pada kedalaman terjadinya blow out
match dengan harga tekanan (overpressure) yang saya
peroleh dari data seismik kolaborasi log sumur...