Yth Rekan milis,

Semuanya harus dilihat apa-apa saja yang terjadi mulai dari suasana sebelum,
saat kejadian dan setelahnya.Pokoknya konteks sosial ekonomi pada saat itu dan
peran internasional yang mungkin saja terlibat.

Saya pernah mengalami pertempuran Permesta di Gorontalo,pertempuran lebih dari
10 jam,kedua belah pihak adalah TNI dan mantan TNI/Tentara Permesta yang
melawan tentara pusat.
Namun saya tidak melihat kekejaman dari kedua belah pihak.Begitu kalah
bertempur pergi dan kami rakyat tidak diapa-apakan,begitu pula TNI yang masuk
kota tidak ada yang semena-mena.

Biasanya hukum sejarah adalah aksi dan reaksi yang timbul karena kepanikan dan
chaos,
dimana masyarakat turut terlibat,maka tentara normal sudah tidak bisa menguasai
sepenuhnya keadaan.Seperti apa yang tejadi dalam Revolusi Prancis dimana
masyarakat yang penuh dendam,ikut memakan tuannya sendiri,Robespierre.

Mungkin pak Anhar Gonggong atau mantan ketua LIPI ,Bp Taufik Abdullah yang ahli
sejarah,bisa memberikan pencerahan pada apa yang terjadi.
Saya sendiri waktu itu mahasiswa di Bandung yang ikut protes kepada istilah
Presiden seumur hidup Bung Karno,waktu itu.

Salam Hormat,
Bakri Arbie.