25 Kiat Mempengaruhi Akal dan Jiwa Anak

Kiat 18 : Menuntun Anak kepada Sosok Rasulullah saw sebagai Teladan

Dari Ibnu 'Abbas -semoga Allah meridhai keduanya-mengatakan, "Aku menginap
di rumah bibiku, Maimunah. Pada tengah malam beliau bangun untuk shalat.
Beliau menuju tempat air yang tergantung dan terus berwudhu; kemudian
berdiri untuk shalat. Maka aku bangun, berwudhu dan melakukan apa yang
dilakukannya seraya berdiri di sebelah kirinya. Beliau mindahkanku ke
sebelah kanannya kemudian ia shalat banyak sekali, kemudian berbaring dan
tidur hingga mendengkur. Lalu datanglah muadzin dan beradzan untuk memanggil
shalat, maka beliau keluar dan shalat." (Riwayat Ibnu Khuzaimah dalam
Shahih-nya)

Dalam riwayat lain dari Ibnu Khuzaimah, "Aku menginap di rumah bibiku
Maimunah, lalu aku menunggu-nunggu bagaimana Rasulullah saw. shalat,
kemudian beliau berdiri dan shalat..."

Mengaitkan anak dengan pribadi Rasulullah saw, menjadikannya sebagai
teladan, dan menanamkan kecintaan kepadanya, akan membuat seseorang menjadi
manusia yang lurus dan terbuka hatinya untuk memahami perjalanan pemimpin
para rasul itu. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah saw,

"Didiklah anak kalian untuk tiga hal: mencintai nabi kalian, mencintai
keluarganya, dan membaca al-Al-Qur'an ." (Dikeluarkan oleh Ath-Thabrani dari
'Ali Bin Abi Thalib)

Melalui penanaman cinta kepada Rasulullah saw. itu kita dapat menuntun anak
kepada pribadi beliau. Dan langkah-langkah untuk itu adalah:

a. Menjelaskan keutamaan Rasulullah saw. bagi umat Islam dengan cara yang
sesuai dengan nalar anak

b. Mengajarinya shalawat atas Nabi saat mendengar namanya disebut.

c. Menceritakan sirah Rasulullah dengan cara yang menarik dan berkesan.

d. Membiasakan perilaku yang biasa dipraktikkan oleh Rasulullah saw.

Membimbingnya untuk menghafal doa-doa sehari-hari yang biasa diucapkan oleh
Rasulullah dan mengarahkan serta memantaunya untuk menghafal hadits-hadits
beliau.

Sumber : 25 Kiat Mempengaruhi Akal dan Jiwa Anak (Al Inshat Al In'ikasi
Khamsun Wa Isyruna Thariqah Fi Nafsi Ath Thifli Wa 'Aqlihi) Oleh Muhammad
Rasyid Dimas