Kotak-kotak Ketika ramadhan mulai tiba, saya selalu membayangkan rumah saya di kampung ketika saya masih kecil. Bagaimana ramainya suara kotekan untuk membangunkan orang sahur, bagaimana serunya suara orang mengaji lewat speaker langgar dan masjid bersahut-sahutan, bagaimana ramainya suasana sore menjelang adzan maghrib, bagaimana penuhnya masjid/langgar oleh jamaah shalat tarawih.
Romantisme masa lalu ? yapp benar. karena ramadhan 5 tahun terakhir yang saya alami di Bekasi memang tidak sama dengan di kampung saya yang masyarakatnya masih tradisional ( istilah tukulnya, Ndeso ! ). Dan suatu kemustahilan bila saya masih memimpikan hal yang sama terulang lagi, karena segala sesuatunya sudah berbeda. Siapa yang mau kotekan, kalau anak2 di RT saya berusia sekitar 0 - 6 tahun. Siapa yang mau tadarus semalaman, kalau pagi hari masih harus berangkat kerja. Untungnya keramaian shalat tarawih masih saya temukan, walaupun 10 hari terakhir Ramadhan sudah berkurang drastis, maklum persiapan mudik. Jadi menurut saya tidak masalah bila orang tetap mengingat masa lalu yang ( menurut ybs ) Indah, walaupun tidak mungkin mengulang masa-masa itu ke masa sekarang.Yang jadi masalah adalah ketika orang dengan referensi masa lalunya memaksakan sesuatu ke pihak lain. Ada yang memaksakan tarawih 23 rakaat, ada yang memaksakan witir 2 kali salam, ada yang memaksakan ceramah sebelum tarawih, ada yang memaksakan membaca shalawat kepada Rasul dan sahabat setiap usai tarawih 2 rakaat, dll. Lumayan kalau dia punya landasan atas apa yang dia paksakan, entah itu berdasarkan hadits atau kutipan dari penjelasan ulama. Sayangnya banyak yang mendasarinya dengan kalimat, "Dari dulu ya seperti ini !! masak ulama dulu ngaco !!" Orang kampung saya mungkin juga sama kalimatnya, dari dulu ya seperti ini. Tapi untungnya, karena masyarakatnya homogen, pengalaman hampir semua orang sama, jadi tidak timbul konflik. Sedangkan di sub-urban seperti Bekasi yang heterogen, dengan latar belakang berbeda-beda, pengalaman berbeda-beda, referensi berbeda-beda, maka perbedaan pendapat serasa lebih tajam. Ketika pemaksaan dan kekuatan menjadi solusi, maka yang menang akan menguasai, yang kalah akan tersingkir. Bisa jadi masjid A tarawih 23 rakaat, masjid B tarawih 11 rakaat, lama-lama akan terjadi peng-kotak-an. Masjid A cenderung ke aliran A, masjid B ke aliran B, sehingga jamaah yang cenderung aliran A akan ke masjid A, dan jamaah cenderung aliran B akan ke masjid B. Lha kalau begitu, apa bedanya dengan gereja ??. Kalau sekarang ada gereja Katolik, gereja protestan, gereja pantekosta....bisa-bisa nanti ada Masjid NU, Masjid Salafi, Masjid Muhammadiyah...bukan hal mustahil kan ?? Cikarang, 11 Sept 2007
******************************************************** Mailing List FUPM-EJIP ~ Milistnya Pekerja Muslim dan DKM Di kawasan EJIP ******************************************************** Ingin berpartisipasi dalam da'wah Islam ? Kunjungi situs SAMARADA : http://www.usahamulia.net Untuk bergabung dalam Milist ini kirim e-mail ke : [EMAIL PROTECTED] Untuk keluar dari Milist ini kirim e-mail ke : [EMAIL PROTECTED] ********************************************************
