Betreff: [GELORA45] Re: [nasional-list] Dikeruk Freeport, Emas dan Tembaga di
Papua,Tersisa Berapa?
Datum: 2017-03-20T10:42:01+0100
Von: "'Lusi D.' lus...@rantar.de [GELORA45]" <GELORA45@yahoogroups.com>
An: "'j.gedearka' j.gedea...@upcmail.nl [nasional-list]"
<nasional-l...@yahoogroups.com>

Masalah yang terpokok dari hasil penambangan 1,7 miliar ton itu, selama
ini sudah berapa milliard dollar keuntungan yang telah diraup oleh
Freeport dan apa yang telah dihasilkannya untuk pembangunan atau
kepentingan kehidupan rakyat Indonesia khususnya untuk provinsi
Irian-Barat itu? Pernah diumumkan secara terbuka?

Kalau belum mampu mengeksploitasinya yah disiapkan syarat-syarat tenaga
kerja Indonesia sendiri lebih dulu. Kekayaan yang didalam perut bumi
Indonesia itu tidak akan hilang kalau tidak ada yang mencurinya,
misalnya, terutama PT Freeport dan segenap komplotannya sampai ke
pusatnya sana. Menghentikan eksploitasi Freeport berarti menghentikan
pencurian besar-besaran kekayaan alam Indonesia.

Itu kalimat-kalimatnya si Wahyu Sunyoto, SVP Geo Engineering PT Freeport
Indonesia, kok uraiannya memang sengaja menakut-nakuti dan berbau jiwa
amtenaar zaman Belanda dulu untuk meredam kebangkitan perlawanan
kolonialisme rakyat terutama para pemuda Indonesia waktu itu. Apa
mungkin para pekerja baik yang ahli maupun biasa dan kaum sarjana
Indonesia sekarang ini jiwanya masih seperti jiwa kintelnya si Wahyu
itu?

Kalau yang dipersoalkan risiko penghentian penambangan dengan tipe
perjanjian seperti sekarang, yalah tidak adanya pemasukan uang komisi
atau korupsi ke dalam kantong para pengpengkomp itu. Namun demikian
secara perseorangan mereka itu hidupnya kan tidak akan menderita
kemelaratan. Masih tetap "lumayan" kalau dibandingkan dengan rakyat
terutama yang di Irian Barat itu.

Am Mon, 20 Mar 2017
08:14:47 +0100 schrieb "'j.gedearka' j.gedea...@upcmail.nl
[nasional-list]" <nasional-l...@yahoogroups.com>:

> https://finance.detik.com/energi/3451216/dikeruk-freeport-emas-dan-tembaga-di-papua-tersisa-berapa?_
>
> <https://finance.detik.com/energi/3451216/dikeruk-freeport-emas-dan-tembaga-di-papua-tersisa-berapa?_ga=1.119482121.1822938513.1489990604>
>
> ga=1.119482121.1822938513.1489990604
> <https://finance.detik.com/energi/3451216/dikeruk-freeport-emas-dan-tembaga-di-papua-tersisa-berapa?_ga=1.119482121.1822938513.1489990604>
>
> Senin 20 Mar 2017, 11:47 WIB
>

>   Dikeruk Freeport, Emas dan Tembaga di Papua
>

>   Tersisa Berapa?
>
> Michael Agustinus - detikFinance
> [...]

------------------------------------
Posted by: "Lusi D." <lus...@rantar.de>
------------------------------------

Berita dan Tulisan yang disiarkan GELORA45-Group, sekadar untuk diketahui dan
sebagai bahan pertimbangan kawan-kawan, tidak berarti pasti mewakili pendapat
dan pendirian GELORA45.

Yahoo Groups Links

  • [GELORA45] ... 'Lusi D.' lus...@rantar.de [GELORA45]
    • AW: [G... 'arif.hars...@t-online.de' arif.hars...@t-online.de [GELORA45]