Kamis 30 Mar 2017, 23:48 WIB

Syafii Maarif: Saya Sedih, Energi Bangsa Habis di Pilkada DKI

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews

Foto: Grandyos Zafna/detikcom

Jakarta - Ahmad Syafii Maarif, atau yang biasa disapa Buya Syafii, menyoroti
kondisi Jakarta yang akhir-akhir ini menjadi panas karena pemilihan kepala
daerah. Buya Syafii meminta agar energi bangsa tidak hanya dihabiskan untuk
kepentingan sesaat.

"Yang saya kadang-kadang sedih itu ya, ini Pilkada DKI ini menghabiskan energi
bangsa, untuk apa sih?" ujar Buya Syafii di gedung serbaguna Senayan, Jakarta
Pusat, Kamis (30/3/2017).

Buya Syafii pun meminta masyarakat tak melulu mengurusi Gubernur DKI nonaktif
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang terjerat kasus dugaan penistaan agama.
Masyarakat hanya akan terpecah jika terus-menerus mengurusi perkara Ahok.

| Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikcom |

"Ahok diperkatakan, dipergunjingkan, dihujat, dihukum, habis energi kita. Pakai
agama lagi, penista agama, dan orang yang mengatakan tidak ada penistaan,
dihujat habis-habisan. Energi kita terbuang sia-sia untuk sesuatu yang menurut
saya bukan masalah yang mendasar," tutur Buya.

Energi bangsa ini, menurut Buya Syafii, menjadi tak berarti jika dikorbankan
hanya untuk Jakarta. Dia pun menyinggung media sosial masyarakat yang saat ini
hanya berisi ujaran kebencian.

"Jangan dikorbankanlah bangsa untuk DKI ini. Nggak perlu lagi kita saling
menyalahkan. Bahkan sekarang di medsos, sudah kafir-mengkafirkan. Mayat, nggak
ngurus mayat, itu ngapain?" sebutnya.

Terakhir, Buya berkata dirinya berbicara soal ini bukan karena dia pendukung
Ahok. "Saya bukan pendukung Ahok. Saya lihat video 13 detik, saya tak bisa
menyimpulkan itu menista atau menghina ulama, Islam, agama," tutup mantan Ketua
Umum PP Muhammadiyah itu.
(gbr/jor)
  • [GELORA45] Syafii Maarif... Jonathan Goeij jonathango...@yahoo.com [GELORA45]

Kirim email ke