Ya betul macem2 orang di warung kopi.

Tetapi milis ini masih lumayan sebetulnya krn mungkin membersnya sudah tua2 shg
lebih bisa menerima.

Saya juga termasuk yg suka hilang kalau lagi bepergian jauh. Kalau tidak saya
suka koq menulis dimilis ini. Gak tahu kenapa betah aja. Mungkin karena
moderator nya bung chan yg toleran walaupun kami tidak saling mengenal.

Biasanya kalau saya menulis, kadang2 ada bohongnya juga ttp hanya utk tidak mau
membuka pribadi saya siapa. Itu saja. Saya menaruh kejujuran diatas segala2nya
dalam suatu tulisan. Sepahit apapun suatu tulisan, harus tetap dihargai dan
diterima krn kita semua manusia tidak ada yg sempurna dan tidak pernah benar
sendiri. Kebenaran itu relatif. Ada asumsi, sudut pandang dalam menilai sesuatu
itu benar atau salah. Kita bukan Tuhan yg benar. Kita manusia penuh dgn
kesalahan. Makanya saya lebih suka berdiskusi. Boleh gebrak gebrak meja kalau
perlu mempertahankan pendapat, tetapi seyogyanyalah jangan sewot apalagi marah2.

Yg saya paling tidak suka adalah kalau diskusi sudah salah, gak mau terima.
Saya biasanya amati, ikuti, tetapi kalau sudah keterlaluan baru saya pake
istilah ane ente. Sebetulnya hanya mau ngasih tahu saja bahwa dia itu sudah
keterlaluan.

Dimilis ini coba kita ambil contoh yg sering saya kutik2: rupiah jatuh dianggap
jelek. Itu kan absurd gak bener. Currency itu selalu naik terus. Gak usah
urusan dgn ekonomi. Ekonomi babak belur spt skrg ini di usa, dollarnya menguat
luar biasa. Skrg usa kebingungan takut sekali dollarnya menguat. Begitu juga
jepang yg ketakutan sudah dari dulu ketika yen nya menguat. Ini hanya 1 contoh.
Banyak dari kita yg kurang paham substansi terutama diindonesia. Rupiah yg
melemah dipakai oleh mereka2 yg tidak bertanggung jawab utk mempolitisir demi
kepentingan pihaknya masing2.

Saya merasa kecil sekali sebetulnya melihat sikon di Indonesia itu. Bung chan
tahu sejak dulu shg dia mengundang saya utk join milis ini yg kalau gak salah
dulu Namanya hksis atau apakabar jamannya john. Itu saja jadi teringat memori
jaman2 dulu sebelum 1998 soeharto jatuh.

Nesare