Bung Chan,
Dulu di perusahaan ada operator yang cakap. Dia lama jadi militair.
Dia pernah sekali beri saya madu lebah asli hasilnya sendiri. Juga
minuman keras dari fermentasi buah2an. Orangnya handig. Mobilnya
sudah tua, dia ganti sendiri dengan mesin baru. Minta ijin boleh
datang ke pabrik hari Saptu untuk bongkar pasang pakai peralatan
dari monteur.
Setelah berhenti kerja kerja nukang. Rumahnya bagian dalam dia
kerjakan sendiri. Dia duduk di ondernemingsraad (factory council), tiap
kali cerita apa yang dibicarakan. Ya, saya dengari saja, tetapi saya tidak
pernah bocori pembicaraan perusahaan yang diembargo tidak boleh
dibicarakan di luar ruangan rapat. Orang Belanda banyak yang pinter
nukang. Ada orang lulusannya sebagai tukang kayu, tetapi dia serba
bisa. Seluruh dapur di Nieuwegein, dia yang kerjakan dalam dua
minggu, selagi kami tinggalkan bervakantie.
Sekarang ini yang terkenal hebat nukang, adalah orang2 Polandia. Ada
satu orang Polandia, dari angkatan laut, jadi operator, terus ngelamar
jadi laborant. Karena latar belakang pendidikannya dia cepat ngerti, eh
tahu2 dia minta berhenti kerja. Saya heran tanya dia, mengapa? Dia
bilang, dia sudah beli rumah rongsok, terus bangun dengan tukang2
orang Polandia. Sudah dijual, untung banyak. Jadi dia mau berhenti
karena hasilnya cukup , dan dia mau bangun lebih banyak.
Salam,
KH

Kirim email ke