Bung Arief,
Benar. Kita tidak bisa mendapat data2nya dari Google untuk dapat melakukan
perhitungan.
Kita juga tidak tahu atas dasar data2 apa Faisal Basri menghitungnya.
Faisal Basri tidak
menunjukkan data2 yang dia pakai dan bagaimana peraturan yang ada, sehingga
dia tiba
pada suatu kesimpulan.
Saya kira pemerintah dapat pemasukannya dari PPN, pajak penambahan nilai 10
%? dari
yang diexport, tetapi 0% PPH karena diberikannya Holiday tax, dan yang
dikenai PPN itu
masih dikurangi dulu dengan super deductable tax sebesar 200%. Saya tidak
tahu apa
pajak dari IMB dan pajak PPH karyawan sudah dihitung termasuk pendapatan
pemerintah
atau pajak dari IMB masuknya ke pendapatan dari pemerintah daerah.
Penerimaan pemerintah baru akan tinggi setelah masa berlakunya Holiday tax
berakhir?
https://www.online-pajak.com/tentang-pajakpay/perbedaan-tax-holiday-dan-tax-allowance

Kemenperin, kata dia, sudah menyiapkan lima insentif fiskal dan nonfiskal
untuk menarik investasi asing di 18 KI itu, antara lain tax holiday, tax
allowance, super deductible tax untuk litbang dan teknologi sebesar
200-300%. Dia berharap, dalam waktu dekat, usulan itu akan disetujui
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam bentuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK).
https://kemenperin.go.id/artikel/20198/18-Kawasan-Industri-Serap-Investasi-Rp-250-T
anatara lain kalau
perusahaan melakukan vocational education untuk karyawannya dan sekolah
untuk calon karyawan. Pe-
ngeluarannya untuk ini boleh 200% dipotongkan pada penambahan nilai yang
dipajaki 10% ?
Tax Holiday biasa diberikan pada proyek2 besar dan baru untuk menarik
investor, yang dengan tax holiday
modalnya cepat kembali.

  • [GELORA45] kh djie dji...@gmail.com [GELORA45]
  • [GELORA45] Sunny ambon ilmeseng...@gmail.com [GELORA45]
[...]