Kalau untuk mineral, terutama di brittle regime, mineralisasi bijih (vein
systems) cenderung terbentuk pada zona-zona yang bersifat membuka seperti
tensional, gash, fault flexure, fault intersection, bedding-fault
intersection dsb. Di sekala district zona-zona ini sering mengumpul di
daerah dilatational jog. Jadi si larutan hydrothermal biasanya bergerak
mencari zona-zona lemah tsb (karena perbedaan P) dan mungkin juga di drive
oleh magmatism.

Larutan hidrothermal (fluid) tsb yang biasanya membawa mineral logam
kemudian akan terendapkan (solid) karena beberapa hal
(1) Penurunan T, P, pH dll
(2) Fluid mixing dengan meteoric water
Ringkasnya terjadi perubahan kesetimbangan fisik dan kimiawi yang
mengakibatkan fase fluid berubah menjadi fase padat. Kenampakan lapangan
tentu akan lebih kompikated karena proses ini terjadi berulang-ulang
melibatkan banyak generasi struktur maupun magmatism.

Untuk ductile regime (sangat sedikit diketemukan di Indonesia) prosesnya
agak berbeda, saya tidak ada pengalaman di sini.

Sekedar share pengetahuan.......

Salam - Daru