Teman-teman anggota IAGI,

Peristilahan bahasa Indonesia untuk geologi secara umum sebenarnya sudah
pernah dirintis oleh Pak Purbo-Hadiwidjoyo di tahun 1990an dan pada tahun
1994 beliau menerbitkan Kamus Kebumian yang dalam bahasa Inggrisnya
bertajuk: A glossary of geosciences and geotechnology. Kamus ini merupakan
terbitan kelima, diterbitkan oleh PT Gramedia Widiasarana Indonesia,
Jakarta. Sayangnya editor buku ini justru salah menulis nama pengarangnya
menjadi M.M. Purbo-Hadiwidhoyo.

Kamus tentang minyak dan gas bumi pernah diterbitkan oleh Lemigas. Saya
punya yang edisi ketiga (tahun 1995) dan edisi keempat (tahun 1999).
Penasihat bahasa untuk kamus ini antara lain adalah Bapak Anton M.
Moeliono. Memang tentunya penerbitan kamus tersebut kalah cepat dengan
perkembangan bahasa teknik, akan tetapi istilah baku teknik (geologi dll.)
dalam bahasa Indonesia tidaklah nol sama sekali.

Di tahun 1990an Depdikbud (kini Depdiknas) menerbitkan beberapa kamus
istilah ilmu dasar. Misalnya kamus kimia (ada beberapa: kimia fisika,
kimia organik, dll.), kamus fisika (ada bahang dan termodinamika, dll.).
Sayangnya kamus ini tidak diperdagangkan tetapi dibagikan kepada pengguna
(user). Kebetulan saat itu saya dekat dengan orang di Penerbit ITB,
sehingga saya diperbolehkan mengopi beberapa kamus. Sayangnya kamus
geologi tidak ada yang versi ini.

Umumnya orang Indonesia sendiri segan menggunakan istilah yang
dicoba-kenalkan oleh pengusulnya. Alasannya kedengarannya aneh, dll. Kalau
kita lihat sebaliknya, bagaimana suatu istilah itu dapat popular jika
tidak disosialisasikan? Jadilah seperti telur dan ayam, mana yang lebih
dahulu?

Yang paling parah dan harus dijauhi adalah kemauan menulis kata seenaknya
tanpa mengacu pada kamus, karena penulis merasa dia orang Indonesia maka
dia merasa tahu bahasa Indonesia dan tidak mau membuka kamus bahasa
Indonesia untuk mengecek penulisan kata bakunya. Lebih celaka lagi, jika
tulisan itu diterbitkan oleh suatu majalah/jurnal dan editornya juga sama
tidak tahu istilah bakunya, sehingga banyak orang mengira kata itu sudah
benar.

Wasalam,
Eddy Subroto