Baguslah kalau ahli evolusi (biota) mau crita evolusi itu.

> Sejauh ini filogenetik (berdasarkan
> sekuens DNA) oleh kami dianggap bisa meluruskan sejarah. Kalau di
> biologi, taksonomi Linneaus itu berdasarkan morfometri dan penampakan
> fenotipe, sedangkan karakter seperti itu sangat bias dan memerlukan
> orang-orang yang sangat terlatih, apalagi untuk membedakan
> spesies-spesies kriptik (yang sulit dibedakan secara morfologi). Akan
> tetapi dengan sekuens DNA, semuanya serba pasti karena unit terkecil
> pembangun makhluk hidup adalah DNA (pastinya beda kalau bicara soal
> nanomolecular, ngomongin atom-atom).

Kecuali dengan pengukuran dengan atom, maka DNA lebih bagus resolusi
pemeriannya di banding alat ukur lain.

Mestinya memang ada korelasi antara ketelitian dengan resolusi alat
ukurnya. Semakin tinggi frekwensinya, maka resolusi semakin bagus.
Gelombang elektromagnite, dari terendah misalnya frekwensi 10^-20 hz,
ditulis E-20 Hz, sebagai Universe E+26 meter, hingga gamma-ray, E+24 Hz,
E-16 meter.  Ini meliputi gelombang radio, tv, inframerah, pelangi,
ultraviolet, x-ray, gammaray.

Ukuran dari terkecil ke besar kelipatan 10'an: atom 0.3-0.6 nm, DNA 3
nm, virus (procaryote, ecuariote) 11 nm, gen 140 nm, pelangi 300-700 nm
atau clay, silt, finesand, coarsesand, pebble, cobble, block atau human,

Ada unsur ukuran pengukur itukan dalam ketelitian pemerian umur benda ?

Salam,
MAR.