Mang Okim,

ketika berkunjung ke Pacitan, sempat tidak mampir ke gua tabuhan. Gua yang dihiasi stalagtit dan stalagmit yg bisa ditabuh mirip gamelan jawa. Di sekitar gua tersebut dulu sekali sekitar 15-20 taun yg lalu sewaktu saya kesana banyak dijajakan fosil2 seperti tulang geraham, gigi, tanduk, kerang dll. Bahkan dari fosil2 tersebut ada yg diasah sedemikian rupa dibentuk mjd kapak. Demikian juga sewaktu saya berkunjung ke museum prasejarah di sangiran. Ingat2 juga sewaktu jaman kuliah, ada temen baru pulang dari Karsam alias karang sambung, bawa beberapa batu fosil kerang yg bagus-bagus.

Nah kira2 kalo fosil2 tersebut dijual bebas, demikian juga setiap mahasiswa yg datang ke Karsam, pulangnya bawa batu2 fosil. Dan kebanyakan paling bertahan sebulan disimpan, habis itu lupa dan selanjutnya hilang entah kemana.

Lama2 bisa habis kali ya jejak-jejak masa lalu.....