From: Awang Harun Satyana <[EMAIL PROTECTED]>
To: "iagi-net@iagi.or.id" <iagi-net@iagi.or.id>
Sent: Friday, February 29, 2008 6:33:19 PM
Subject: RE: RE: [iagi-net-l] seolah IAGI saling "berseteru"

Pertengahan Juni 2006, dua minggu setelah LUSI lahir, saya ikut rapat di gedung
Wisma Mulia kantor Lapindo untuk membahas apa yang tengah terjadi dengan
problem di Banjar Panji-1 sejak 29 Mei 2006 itu. Di meja rapat digelar semua
seismic sections yang berhubungan, termasuk yang menghubungkan Porong dengan
BJP-1 - ini section sangat penting. Saat itu semua pendapat adalah bahwa BJP-1
tengah mengalami UBO (underground blow out).

Sebelum problem BJP-1 terjadi, saya telah selesai mempelajari paper berjudul
"Structure and emplacement of mud volcano systems in the South Caspian Basin"
oleh Stewart dan Davies (AAPG Bull v. 90, no. 5, p. 771-786).

Begitu melihat seismic section yang menghubungkan BJP-1 dan Porong saya melihat
bahwa collapse zone (begitu Arse Kusumastuti dan para pembimbing master
thesisnya menyebutnya di paper AAPG Bull v. 86 no. 2, p. 213-232) Porong
sebagai bukan collapse zone akibat struktur lagi (kawan2 Lapindo selama ini
menyebutnya sebagai collapse zone dengan penuh sesar normal yang jadi konduit
migrasi), tetapi MV crater. Saya teringat gambar mud volcano collapse crater di
Azerbaijan dari Stewart dan Davies (2007), saya melihat collapse zone Porong,
hampir 100 % mirip. Maka, di rapat pertengahan Juni 2006 itu yang juga dihadiri
Pak Bambang Istadi (ingat kan Mas Bambang ?), saya menyebutkan bahwa Porong
collapse zone adalah Porong mud volcano collapse crater, dan yang tengah
terjadi di Banjar Panji pun kemungkinan adalah mud volcano eruption yang
nantinya akan berakhir seperti Porong collapse crater. Ada yang setuju ada yang
tidak dengan pernyataan saya itu. Kepada kawan2
 Lapindo saya berikan gambar2 collapse cratering MVs di Azerbaijan. Lalu
penelitian2 pun dilakukan selama sisa 2006 dan 2007 oleh banyak peneliti
Indonesia maupun internasional, menghasilkan pendapat yang mengkristal LUSI
adalah mud volcano eruption.

Persoalan triggering effect yang memicu MVs itu masih jadi perdebatan hingga
kini. Bahwa gempa sebagai pemicu MVs adalah mutlak di mana-mana, katalog 200
tahun untuk ini ada, baik yang disusun Manga dan Brodsky, Mellors et al,
Aliyev, dll. Bahwa pemboran sebagai pemicu MVs adalah sesuatu yang baru. Kita
sebenarnya tak punya referensi tentang ini. Yang sering dipakai adalah dari
Tingay et al 2005. Tetapi kasus di Brunei itu di passive margin non volcanic
low GG; sedangkan LUSI ada di active margin, volcanic arc, high GG, bukan
"apple to apple"

Pak Herman bisa bandingkan seismic section Porong collapse zone Arse
Kusumastuti di hal 222 AAPG Bull v. 86 no. 2, p. 213-232, dengan collapse
cratering MVs Azerbaijan hal 777 Stewart dan Davies (2007) AAPG Bull v. 90, no.
5, p. 771-786 - kemiripannya besar sekali.

Salam,
awang