Seingat saya masih SD (Sekolah Rakyat di zaman Jepang) istilah kepahlawanan yang dipropagandakan Jepang di sekolah-sekolah untuk serangan bunuh diri itu adalah "Jibaku Tai" (Tai artinya "pasukan"). Maka pernah muncul dalam bahasa Indonesia istilah ber"jibaku" (mengorban diri), entah istilah ini masih dipakai atau tidak. Jauh sebelum Jepang kepepet, film2 propaganda memperlihatkan ritual untuk jibaku itu. Istilah "kamikaze" baru saya kenah dari film2 Amerika di tahun 50-an, sedangkan istilah "tokubetsu kōgeki tai", baru tahu sekarang.
RPK
----- Original Message ----- From: "Awang Satyana" <[EMAIL PROTECTED]> To: "IAGI" <iagi-net@iagi.or.id>; "Geo Unpad" <[EMAIL PROTECTED]>; "Forum HAGI" <[EMAIL PROTECTED]>; "Eksplorasi BPMIGAS" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Tuesday, September 23, 2008 12:36 PM
Subject: RE: [iagi-net-l] East Indies Episode (Fabricius, 1949) : Bumi Hanguskan Minyak !

Abah,

Kamikaze (kata orang luar Jepang, atau "tokubetsu kōgeki tai" kata orang Jepang sendiri yang artinya Satuan Serangan Khusus) memang banyak dipraktekkan angkatan udara Jepang menutup PD II atau tepatnya sejak Oktober 1944 ketika Jepang mulai terdesak Sekutu Amerika-Inggris-Australia.

Tetapi praktek pertama Kamikaze dilakukan sejak penyerangan Pearl Harbour 7 Desember 1941 (waktu Hawaii, atau 8 Desember 1941 waktu Jakarta). Saat itu, pesawat bomber yang dikemudikan Lettu Fusata Iida tertembak dan tangki bahan bakarnya bocor. Daripada mencari tempat mendarat, Iida mempercepat laju pesawatnya dan menabrakkan diri ke Kaneohe Naval Air Station. Sebelum Iida menerbangkan pesawatnya, ia telah mengatakan kepada teman-temannya bahwa bila pesawatnya tertembak ia akan "harakiri" dengan cara menabrakkan pesawatnya ke pesawat musuh atau fasilitas musuh lainnya.

Tidak mengherankan mengapa tentara Jepang berbuat begitu, sebab akarnya sudah lama sejak zaman Samurai, yang dikenal dengan kode Bushido, atau banzai charge : lebih baik mati daripada menyerah kepada lawan, dalam mati pun mereka masih bisa mematikan lawan dengan cara "kamikaze"

salam,
awang

Awang

Sangat penting temuan Anda , untuk melihat
sejarah perminyakan kita dengan lebih lengkap.
Ada sedikit
komentar dari saya , yaitu mengenai "kimkikaze" .
Seingat
saya , serangan kimikaze ilakukan pada saat Jepang sudah terdesak , jadi
dilakukan oleh penerbang penerbang Jepang pada era akhir PD - II .
Apakah hal itu sudah dilakukan pada awal PD - II , saya kok agak
sangsi.

Si Abah

http://www.eset.com

PIT IAGI KE-37 (BANDUNG)
* acara utama: 27-28 Agustus 2008
* penerimaan abstrak: kemarin2 s/d 30 April 2008
* pengumuman penerimaan abstrak: 15 Mei 2008
* batas akhir penerimaan makalah lengkap: 15 Juli 2008
* abstrak / makalah dikirimkan ke:
www.grdc.esdm.go.id/aplod
username: iagi2008
password: masukdanaplod