From: Radig Wisnu Yuwono [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, November 17, 2008 4:28 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: RE: [iagi-net-l] Metode "Passive Seismic" ?

Pak Agus/Pak Leonard Lisapaly,

Dalam mengolah data metoda Passive Seismic ini yang perlu kita perhatikan
adalah 2 hal, yaitu :

1. Frekuensi
2. Time

Jadi selama proses perekaman data ini. Jika terekam surface noise yang
memiliki frekuensi di atas 10 Hz data tersebut akan langsung dibuang pada
saat pengolahan data. Bagaimana jika ada gempa yang memiliki frekuensi
rendah. Kita tinggal liat dari segi waktu nya saja. Apakah ada gempa yang
terjadi continuous selama 40 menit? Bagaimana jika ada frekuensi rendah yang
berasal dari permukaan kemudian berlangsung lama?  Mungkin tambahan dari
saya. Sensor yang digunakan dalam metoda ini hanya menangkap gelombang P yang
berasal dari bawah permukaan.

Dalam praktek nya alat sensor ini akan dimasukkan kedalam lubang sedalam
kurang lebih 0.5 - 1 meter. Kemudian akan ditutup. Hal ini dilakukan untuk
mengurangi terekamnya surface noise tadi. Jadi hasil akhir nya nanti
diharapakan adalah benar-benar frekuensi rendah yang berasal dari natural
source.

Best Regards,

Radig Wisnu Y