From: yanto R.Sumantri [mailto:yrs...@rad.net.id]
Sent: Monday, January 25, 2010 9:10 PM
To: iagi-net
Subject: Re: [iagi-net-l] Arifin Panigoro dapat Doktor HC dari ITB

> Min .
Kok ndak ada yang berani jawab ya ?
Saya coba
menjawab  pertanyaan Anda.
Apakah pendidikan formal dapat
membentuk karakter seseorang???
MEMBENTHK dalam pengertian
secara  atau seperti cetakan tentunya tidak, akan tetapi pengaruhnya
, tentu saja akan dapat sekali lagi dapat dominan.
Mengapa saya
katakan dapat ???
Karena pda hakekatnya manusia itu adalah mahluk
yang unik , artinya setiap orang dapat dipengaruhi  oleh suatu
lingkungan , AKAN TETAPI  dengan intensitas yang ber-beda2.

Ambil AP sebagai contoh , pada masa kuliah ybs baru dapat menyelesaikan
kuliahnya hampir 10 tahun .
Akan tetapi dalam kurun waktu itu
banyak  aktiitas yang dilakukannya , sehingga menjkadi modal yang
juga membentuk karakternya.
Hal ini tentunya berbeda denga seseorang
yang jukiah SAJa , tentu  pengaruh yang ada pada dirinya hanyalah
ilmu yang ditekunnya .
Mana yang baik  dari keduanya ????
Belum tentu salah satu yang lebih baik , mungkin keduanya akan baik ,
tergantung juga bagaimana salah satu memanfaatkan "bekal"
nya  saat kuliahdalam kehidupan selanjutnya.

Yang jelas
memang karakter merupakan "roh" yang akan menunutun seseorang
menjalani hidupnya , dan juag dengan sendirinya karirnya.
Jadi kata
kuncinya adalah " Be your self".
Jangan niru jalan hidupnya
AP , heheheh.

Wah kaya psyholooog ya.
Semoga saja Min ,
bermanfaat.

Si Abah

   Saya tertarik untuk ikut bertanya, apakah memang
karakter seseorang
> bisa dibentuk/dikembangkan oleh pendidikan
formal?
> Ambil contoh demikian, kita dilarang menyontek saat
ujian, alias tidak
> boleh curang. Toh yang ingin berbuat curang,
nyonteknya jalan terus.
> Semua cara dicari untuk bisa melakukan
niatnya. Padahal di sekolah
> tidak ada yang mengajarkan seseorang
untuk berbuat curang.

> Salam
> mnw

berkaitan dg karakter dan
kompetensi.

lebih penting ketimbang kompetensi ??

ya, bagaiaman dg sistem pendidikan kita?

http://www.geotutor.tk

----
lam...@gc.itb.ac.id
mohammadsyai...@gmail.com
> * 2 sekretariat (Jkt & Bdg), 5
departemen, banyak biro...

----
> Ayo siapkan makalah....!!!!!
> Untuk dipresentasikan di PIT
ke-39 IAGI, Senggigi, Lombok NTB, 4-6 Oktober
> 2010

Deadline penyerahan makalah - 15 Februari 2010

iagi-net-subscribe[at]iagi.or.id
http://iagi.or.id
> No. Rek: 123
0085005314
http://www.mail-archive.com/iagi-net%40iagi.or.id/
> IAGI-net
Archive 2: http://groups.yahoo.com/group/iagi

or others. In no event
> shall IAGI or its members be liable for
any, including but not limited to
> direct or indirect damages, or
damages of any kind whatsoever, resulting
> from loss of use, data
or profits, arising out of or in connection with
> the use of any
information posted on IAGI mailing list.

Nganyerikeun hate
batur hirupna mo bisa campur, ngangeunahkeun hate jalma hirupna pada
ngupama , Elmu tungtut dunya siar Ibadah kudu lakonan.