IAGInetter terhormat,

Saya berkesempatan mengantar anak saya SD berkunjung ke Kebun Wisata
Pasirmukti di dekat Citeureup/ Cibinong. Lokasinya hanya 45 menit dari
Jakarta melalui Tol Jagorawi.

Disana terdapat sawah dan kebun yang luas, (
http://www.pasirmukti.co.id/thanks.asp ). Untuk digunakan sebagai wisata
edukasi mengenai pertanian-perkebunan.
Saat saya kesana ada sekitar 10 bus wisata dari beberapa sekolah di Jakarta.

Terdapat aliran sungai yang cukup besar dengan debit air yang tidak terlalu
besar, berada di pingir komplek. Disini anak-anak biasanya main air setelah
bermain lumpur di sawah. Di sungai ini terdapat singkapan batuan lempung dan
batupasir, setelah saya cek di peta geologi mungkin termasuk Formasi
Jatiluhur. Kearah hulu mungkin akan dijumpai Formasi Klapanunggal (Parigi)
yang di tambang Semen Cibinong (tolong koreksi jika salah).

Terlintas ide , kenapa tidak memberikan pengenalan geologi untuk anak SD-SMP
di lokasi ini? Mungkinkah IAGI berperan/ berkerjasama dengan pihak
pengelola? Seingat saya di Takuban Perahu Bandung  pernah ada kegiatan
Mahasiswa yg memberikan penjelasan geologi di lokasi wisata. Jika ada
kegiatan serupa disini, misal oleh masiswa geologi di JKT/ Bogor tentu
sangat bermanfaat bagi anak-anak, supaya tidak cuma melihat batu daru gambar
di buku pelajarannya saja.