Pernah di offshore Kaltim, saya ngobrol dgn Liaison Office (LO) yg sedang di
rig. Beliau mengatakan baru saja menginspeksi surat izin kerja para expat di
rig tsb (sekitar 17 orang). Dari sebanyak itu, katanya sekitar 5 org saja yg
sesuai dgn posisinya, selebihnya kebanyakan posisi yg tertulis lebih tinggi
dari posisi sebenarnya. Contoh, di Surat Kerja posisi Rig Supt, tapi
kenyataannya Chief Electric. Waktu itu cuma disuruh merubah surat izin kerja
sesuai posisi yg sebenarnya, tanpa ada sangsi thd ybs. Para expat tbs
mungkin saja bisa berbohong ketika pengurusan surat izin kerja, tapi begitu
diketahui di lapangan berbeda, sudah sewajarnya diberikan sangsi. Tidak
jelas bgm sebenarnya pihak pemerintah mem-filter qualified para expat yg
bekerja di negeri kita.
Di lain pihak, msh banyak putra2 Indonesia yg kualitasnya lebih baik &
berdedikasi dibandingkan para expat2 tsb, tidak mendapatkan kesempatan tsb,
under paid, meskipun expat2 tsb cuma dari negara tetangga sebelah.

Salam ironis,

Fajri
Abu Dhabi