Maaf, bukan mengurangi semangat, tetapi ini sebuah pengalaman, sebuah realita.

Pak Rovicky tentu sudah merasakan sulitnya mencari penulis artikel untuk Berita
IAGI apalagi majalah Geologi Indonesia. Begitulah, itu pengalaman saya beberapa
tahun yang lalu saat saya menjadi pengurus publikasi Betita IAGI dan Geologi
Indonesia. Sehingga, publikasi-publikasi ini tidak pernah bisa rutin terbit
sesuai diharapkan sebab kelangkaan atau ketiadaan artikel. Sekalipun terbit,
biasanya hampir setengah dari artikel2-nya saya tulis sendiri, tidak lucu
sebenarnya sebab saya pengurusnya, tetapi apa boleh buat sebab bila tidak
begitu publikasi-publikasi akan tidak pernah terjadi.

Menurut hemat saya, rutinitas publikasi adalah indikator sehat atau sakitnya
suatu organisasi, lihat saja AAPG atau GSA (Geological Society of America), dua
organisasi geologi sangat sehat di dunia.

Sulit sekali menemukan penulis yang mau menulis "for nothing". Mereka dari
kalangan lembaga riset atau perguruan tinggi, anggota IAGI juga, bila diminta
menulis selalu akan bertanya dulu, apa akreditasi jurnal ini, bagaimana
ISSN-nya, dibandingkan dengam jurnal ini, itu bagaimana, mana yang lebih
tinggi. Mereka menulis demi kredit mereka. Sebab saat itu majalah Geologi
Indonesia belum ada ISSN-nya, maka sepi sekali penulis dari kalangan ini.
Mencari penulis ke company, problemnya lain, sibuk...atau mereka tidak punya
tema buat ditulis (mungkin hanya bekerja dan bekerja, tak pernah memikirkan
aspek sains di balik pekerjaannya, padahal tak terbilang banyaknya aspek
tersebut kalau kita mau sedikit saja membagi perhatian).

Bersemangat itu bagus dan suatu keharusan, sayangnya pengalaman menunjukkan
kita hanya bersemangat di awal, setelah itu "gone with the wind" ...memudar
dengan berjalannya waktu.

Konsistensi, menjaganya, jauh lebih sulit daripada membangunnya. Bila kita mau
serius membangun publikasi populer IAGI, mari kita "bersumpah" untuk konsisten
baik para pengurusnya maupun para anggotanya.

Salam,
Awang

Kirim email ke