Belum satu minggu berlalu, sekitar 9 KPS besar Indonesia dan Tim SKK Migas
mengadakan recruitment champaign di KBRI Abu Dhabi selama 2 hari, 29-30
Maret yg lalu. Mereka mewawancara ratusan profesional Indonesia, tidak
hanya yg berada di Uni Emirat Arab, tapi juga ada yg datang dari negara2
tetangga, seperti Qatar. Mereka memaparkan project2 besar di tanah air yg
segera akan digarap, seperti project Masela Inpex, Exxon Cepu, BP Tangguh,
Pertamina, dll. Mereka ingin merekrut tenaga ahli level menengah ke atas
untuk kembali pulang bekerja di tanah air. Selain wawancara, mereka juga
melakukan pengumpulan data, berupa salary, allowance dan benefit yg
diterima oleh pekerja Indonesia, yg tentunya nanti akan menjadi bahan
rujukan kira2 paket seperti apa yg akan disiapkan bila ada yg tertarik
untuk pulang kampung dan join dgn perusahaan2 tsb.

Di sela-sela acara tsb, teman2 HRD dan tim dari KPS diajaklah jalan2 oleh
org2 kita disini sekadar untuk melihat2 kota Abu Dhabi di pinggiran Teluk
Arab yang indah. Kebetulan teman2 di sini banyak yg memakai mobil2 besar
seperti GMC, Land Cruiser, dll yg katanya sempat sedikit membuat tertegun
tim2 HRD tsb.

Mudah2an saja dengan kunjungan ini, SKK Migas dan pihak2 berwenang mau
mengkaji dan merubah regulasi & system yg kurang memihak bangsa sendiri,
dengan tidak lagi meninabobokkan expat2 di tanah air. Tapi sudah saatnya
kita menjadi tuan rumah di negara sendiri, seperti makmurnya orang2
Emirati, Qatari, Saudi, Kuwaiti, Omani di negara2nya sendiri.

Salam,

Muhammad Walfajri

Kirim email ke