 From: Marwan Wirianto <marwan_wiria...@yahoo.com>
To: Forum Himpunan Ahli Geofisika Indonesia <fo...@hagi.or.id>
Sent: Thursday, May 2, 2013 10:29 AM
Subject: Re: [Forum-HAGI] [iagi-net] Re: [iagi-net] Aplikasi GPR utk
Arkeologi

Pak Muharram,

Pada umumnya, resistivity berisi udara (begitu juga, resistivity berisi
hydrocarbon) jauh lebih besar daripada resistivity batuan dense (apalagi yang
berisi brine). Bedanya bisa 2-3 order (100-1000x). Namun, batuan dengan
resisivity besar tidak selalu berisi udara (atau hydrocarbon). Salah satu
contohnya adalah anhydrate.

Artikel ini mungkin membantu:

[1] Wilt, M. and Alumbaugh, D., 1998. Electromagnetic methods for development
and production: State of the art, The Leading Edge, 17(4), 487–490.

Salam,
Marwan Wirianto