From: Rovicky Dwi Putrohari <rovi...@gmail.com>
Sender: <iagi-net@iagi.or.id>
Date: Wed, 3 Jul 2013 07:32:49
To: <iagi-net@iagi.or.id>
Subject: [iagi-net] FW: Draft UU Keinsinyuran
Silahkan ...

Wah terbayang mbuletnya spt yg ditulis Mas Budi S. :-)
Secara positip kita tengok kemungkinan peran IAGI dalam sertifikasinya.
Pasal-pasal yang berhubungan dengan keinsinyuran, kalau disepadankan dengan
sertifikasi, maka IAGI sebenarnya sudah mengarah kesana. Bahkan sampai
pasal pembiayaan yang harus accountable dengan akuntan publik.
Bersyukur IAGI dan MGEI sudah tertata dalam sisi keuangannya sehingga akan
siap bila UU ini diundangkan dan keinsinyuran dimasukkan dalam hal
sertifikasi profesinya.

Saya kira IAGI harus mulai meneruskan sertifikasi untuk profesi lain,
meneruskan (memperbaharui) yang sudah pernah ada (Welsite Geologi,
Geoteknik, Geohidro). Saya cc ke Irwan ir...@geospasia.com yang kita ajak
untuk mereaktivasi sertifikasi Geotek/Geohidro yang penah ada di IAGI.

Mas Agus M Ustadz atau Mas Paulus Allo tolong
irwan@geospasia.comdimasukkan dalam mailist PP-IAGI ini

Kalau RUU ini akan diteruskan dibahas diundangkan mungkin IAGI dapat
memberikan masukan-masukan.

Ada ide ?
Silahkan.

Rovicky DP
quote pasal terkait :

*Pasal 21*
*Organisasi Insinyur bertugas:*
a. mengembangkan standar kompetensi Keinsinyuran sesuai dengan  ketentuan
peraturan perundang-undangan;
b. melakukan pemeliharaan kompetensi insinyur;
c. melakukan registrasi terhadap Insinyur;
d. melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan jasa Keinsinyuran yang
dilaksanakan bersama instansi terkait sesuai dengan fungsi dan kewenangan
masing-masing; dan
e. melakukan pembinaan bersama Pemerintah terhadap Insinyur mengenai
pelaksanaan etika profesi.

*Pasal 22*
Dalam menjalankan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 organisasi
Insinyur berwenang:
a. menetapkan bakuan kompetensi Insinyur;
b. menetapkan kode etik Insinyur; dan
c. menegakkan disiplin dan kehormatan Insinyur.

*Bagian Kelima*
*Kode Etik Insinyur*
*Pasal 23*

(1) Untuk menjamin mutu jasa Keinsinyuran dibuat Kode Etik sebagai landasan
tata laku Insinyur.
(2) Kode Etik Insinyur sebagaimana dimaksud pada ayat (1) disusun oleh
organisasi Insinyur.

*Pasal 24*
Kode etik insinyur harus dijadikan pedoman dan landasan tingkah laku setiap
insinyur dalam menjalankan penyelenggaraan kegiatan Keinsinyuran.

*Bagian Keenam*
*Pembiayaan*
*Pasal 25*

(1) Pembiayaan organisasi Insinyur bersumber dari:
a. iuran anggota; dan
b. sumber pendanaan lain yang sah menurut ketentuan peraturan
perundang-undangan.
(2) Pembiayaan organisasi Insinyur sebagaimana dimaksud pada ayat (1)
 dikelola secara transparan dan akuntabel sesuai dengan peraturan
 perundang-undangan.
(3) Pengelolaan pembiayaan organisasi Insinyur sebagaimana dimaksud pada
ayat (2) diaudit secara berkala oleh akuntan publik.

*--
"**Control yourself, and you got freedom"*